Material

Kenali Material Asbes dari Fungsi hingga Keunggulannya

Kenali Material Asbes dari Fungsi hingga Keunggulannya

Material asbes merupakan salah satu material konstruksi yang sering ditemui sebagai bahan bangunan terutama dalam bentuk papan plafon maupun atap. Bahan ini berupa serat mineral silika yang memiliki beragam kelompok mineral pembentuk seperti serpentine dan amphibole. Material ini memiliki beragam jenis seperti, asbes biru, asbes putih, asbes cokelat, dan mineral pembentuknya seperti, actinole, anthophyllite dan lainnya.

Mengenal Fungsi Asbes dalam Konstruksi Bangunan dan Bidang Lainnya

Penggunaan material asbes sangat penting karena sifat dan karakteristiknya sehingga banyak digunakan untuk berbagai bangunan. Pembangunan seperti gedung, sekolah, rumah sakit dan lainnya memerlukan material tersebut. Secara umum, Anda bisa memanfaatkan material ini sebagai berikut:

  1. Bahan Material Penutup Atap
    Penggunaan asbes biasa digunakan untuk penutup atap. Bahan ini dapat Anda temui di daerah pegunungan maupun pedesaan. Hal ini dikarenakan sangat sesuai dengan kondisi iklim, kemudahan untuk didapatkan dan pengerjaannya sangat fleksibel.
  2. Plafon atau Bagian Langit Rumah
    Serat bahan material ini dapat Anda jumpai dalam bentuk papan plafon untuk rumah Anda. Anda bisa memasangnya di bagian langit-langit rumah. Penggunaannya juga biasa dipasang pada bangunan baik rumah, gedung maupun sekolah.
  3. Bahan Penyeka atau Pemisah
    Material asbes bisa digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya sebagai bahan pemisah antara ruangan yang satu dengan yang lain. Pemanfaatannya ini dikarenakan bahan material ini sangat kuat dan tidak mudah rusak.
  4. Pelapis Pada Dinding
    Bahan material multifungsi ini memiliki kekuatan yang sangat baik sehingga sering digunakan sebagai pelapisan pada dinding tembok. Anda bisa memanfaatkannya untuk melapisi dinding yang sudah pecah dan perlu dilapisi ulang.
  5. Ruangan Kedap Suara
    Kemampuannya sangat baik meredam suara. Bahan material ini sangat penting untuk menjaga ruangan dari suara bising. Apalagi Anda menginginkan rumah yang tenang dan tidak menimbulkan kegaduhan.
  6. Genteng Fireproof Atau Tahan Api
    Anda tidak hanya menjumpai asbes sebagai atap maupun plafon saja. Namun, juga sering dimanfaatkan sebagai genteng. Sifatnya yang sangat tahan api menjadikan genteng yang dibuat dari asbes semakin diminati.
  7. Semprotan untuk Plesteran pada Dinding
    Anda bisa memanfaatkan asbes sebagai pelapisan pada dinding tembok yang sudah mulai retak. Terdapat jenis liquid yang bisa Anda gunakan untuk menyemprotkannya pada dinding, sehingga tembok bisa utuh seperti sediakala.
  8. Produk Jadi untuk Keperluan Rumah Sakit
    Asbes bisa digunakan untuk berbagai keperluan rumah sakit. Pemanfaatan asbes tidak hanya digunakan untuk bahan konstruksi saja. Sifat dan karakteristiknya bisa membuat daya tahan produk maupun bangunan berjangka waktu lama.

Baca juga:

Harga Genteng Beton

Penggunaan bahan material ini memiliki peran penting agar konstruksi bangunan semakin kokoh dan daya tahan lama. Banyaknya penggunaan bahan ini dikarenakan sifat dan karakteristiknya yang istimewa. Hal tersebut menjadikannya memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan dari material ini diantaranya sebagai berikut:

Keunggulan Asbes dalam Berbagai Penggunaan dalam Konstruksi Maupun Penggunaan Lainnya

  1. Tahan Api sehingga tidak mudah terbakar
    Kualitas bahan asbes sangat baik untuk konstruksi bangunan. Bahan mineral penyusunnya memiliki daya tahan terhadap suhu tinggi. Hal inilah kenapa pembuatan material menggunakan asbes diminati.
  2. Sangat kuat dan tidak mudah hancur atau retak
    Selain memiliki daya tahan terhadap api, bahan material ini memiliki kekuatan yang sangat kuat. Anda bisa memanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pelapis dinding maupun atap rumah. Selain itu, produk tersebut tidak mudah mengalami pecah.
  3. Tidak mudah rusak oleh bahan kimia
    Terdapat bahan material yang mudah mengalami rusak apabila terkena bahan kimia. Anda bisa memanfaatkan asbes karena sifatnya tidak mengalami kerusakan apabila terkena cairan kimia.

Baca juga kebutuhan Atap

Harga Atap Baja Ringan

Penggunaan material asbes sangat penting untuk menunjang proses konstruksi bangunan. Hal tersebut disebabkan kemampuannya yang sangat baik terhadap kerusakan yang terjadi. Selain itu, produk ini juga memiliki daya tahan terhadap perubahan cuaca.

About Solusi Konstruksi

Informasi yang tercantum dalam artikel ini hanya untuk bahan pengetahuan pembaca saja, tidak harus diartikan sebagai bahwa kami menjual produk yang tercantum dalam isi artikel di atas.