Konstruksi

Inilah Penerapan Hidrologi Teknik Sipil

Inilah Penerapan Hidrologi Teknik Sipil

Hidrologi teknik sipil adalah bagian penting dalam berbagai konstruksi di dunia termasuk dalam membangun jembatan, bendungan dan hunian untuk kebaikan manusia dan lingkungan

Hidrologi tentunya sangat familiar didengarkan bagi yang bekerja dan belajar di bidang tenik sipil. Inilah cabang ilmu yang mempelajari pergerakan hingga distribusi dan kualitas air di bumi. Ilmu ini juga mempelajari tentang silkus hidrologi dan sumber daya air. Maka dari itulah, sangat penting mengenal lebih jauh dengan hidrologi teknik sipil agar tepat dalam perencanaan dan pelaksanaan konstruksi yang dikerjakan.

Kenapa Hidrologi Teknik Sipil Penting Dipelajari?

Hidrolog meurpakan orang yang ahli dalam ilmu hidrologi. Selain untuk teknik sipil, ilmu ini juga penting untuk bidang lain seperti ilmu lingkugan dan teknik lingkungan.

Lalu, kenapa cabang ilmu ini sangat penting dan krusial untuk dipelajari? Salah satu alasannya adalah karena air merupakan aspek penting dalam konstruksi, seperti : menentukan manajemen pembuangan limbah dan penyediaan kebutuhan air.

Tanpa cabang ilmu ini, maka sebuah rumah atau akan sulit dalam pengaturan air hujan maupun air tanah. Sebuah konstruksi dengan perhitungan hidrologi yang tepat juga bisa terhindar dari bahaya banjir, khususnya di perkotaan.

Apa Yang Dipelajari dari Cabang Ilmu Hidrologi Teknik Sipil?

Hidrologi sangat penting dalam sebuah konstrusi baik di kota maupun di desa. Dalam cabang ilmu ini, banyak hal yang dipelajari yang berkaitan dengan air, seperti halnya :

  • Pergerakan air
  • Distribusi air di atas maupun di bawah permukaan bumi
  • Sifat-sifat fisik air
  • Sifat-sifat kimia air
  • Reaksi air terhadap lingkungan dan kehidupan
  • Kualitas dan kuantitas air di bumi

Dalam ilmu teknik sipil, maka keberadaan hidrologis sangatlah krusial. Dengan begitu, maka sebuah konstruski tidak akan menemui masalah tentang air.

Hal lain dalam implementasi cabang ilmu sipil ini yaitu dalam perencanaan penerapan pemasangan beton precast untuk saluran yaitu U ditch, concrete pipe dan juga box culvert.

Aplikasi Hidrologi Bagi Teknik Sipil

Salah satu tujuan aplikasi dari hidrologi teknik sipil adalah untuk pengendalian banjir. Maka, dalam perencanaan konstruksi, terlebih dahulu harus mengetahui segala hal yang berkaitan dengan air. Selain untuk mengatasi banjir, aplikasi ilmu ini juga penting dalam hal penyediaan  kebutuhan air dengan berbagai langkah analisa yang bisa dilakukan, seperti :

  • Perhitungan air permukaan yang tersedia
  • Menentukan perkiraan kehilangan air karena berbagai sebab, seperti penguapan dan rembesan
  • Perkiraan kebutuhan air unutk industri, pertanian maupun domestik
  • Perkiraan banjir atau design flood yang bisa beresiko terjadi
  • Perencanaan drainase pada perkotaan ataupun daerah aliran
  • Penentuan bentuk dan ukuran konstruksi

Semua hal di atas akan terkait dengan hidrologi teknik sipil. Maka dari itulah, hidrologi sangat penting guna diaplikasikan oleh ahlinya. Tak heran jika kebutuhan tenaga ahli dalam konstruksi sangatlah banyak dan kompleks.

Bukan hanya arsitektur, tukang batu, dan tukang kayu, namun profesional di bidang hidrologi teknik sipil sangatlah penting pula. Hal ini tak lepas dari kompleksnya sebuah konstruksi yang baik dan benar.

Faktanya, bukan hanya bangunan itu sendiri yang penting dan harus kokoh berdiri. Namun, lingkungan dan air pun menjadi hal fatal yang harus direncanakan sebelumnya untuk kenyamanan kehidupan di lingkungan tersebut.

Selain untuk sebuah rumah dan bangunan hunian, hidrologi teknik sipil juga penting dalam berbagai konstruksi, seperti :

  • Bendungan
  • Jembatan

Aplikasi hidrologi teknik sipil bukan hal sepele. Kesalahan dalam perkiraan mampu membuat konstruksi yang salah. Akibatnya, lingkungan maupun  kehidupan akan terancam. Salah satunya adalah bisa menimbulkan masalah banjir yang mengakibatkan kerugian fisik maupun materiil. Itulah pentingnya konstruksi yang direncanakan  dengan baik dengan aplikasi hidrologi teknik sipil yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *