Konstruksi

Saluran Gorong-Gorong Dengan Reinforced Concrete Pipe

Saluran Gorong-Gorong Dengan Reinforced Concrete Pipe

Reinforced Concrete Pipe

Adalah salah satu jenis beton bertulang termasuk produk beton pracetak memiliki bentuk bulat dan berlubang dengan berbagai ukuran, secara umum fungsinya sebagai gorong-gorong, secara kualitas berbeda dengan buis beton.

Saluran Gorong-gorong dari Reinforced Concrete Pipe

Gorong-gorong banyak dibuat dengan menggunakan material dari  beton pre cast atau beton pra cetak. Beton jenis ini juga sering disebut dengan istilah culvert box dalam dunia konstruksi. Ada juga yang menyebut dengan istilah Reinforced Concrete Pipe atau RCP.

Pipa saluran ini dicetak di dalam pabrik. Namun ada pula yang pengerjaannya di cor di tempat hingga tidak butuh alat angkut yang membutuhkan waktu lama dan biaya mahal. Untuk dimensinya sendiri, dibuat bergantung dengan jumlah debit air di mana  pipa saluran ini akan ditempatkan.

Anda dapat meninjau penawaran beton precast ini pada tautan harga pipa beton

Untuk RCP yang dicor di dalam pabrik atau precast ini, dapat secara utuh di cor dalam bentuknya yang seperti saluran pipa. Bisa juga dalam bentuk persegi bahkan trapezium, tergantung kebutuhann dari konstruksi gorong-gorong yang diinginkan. Bentuk Reinforced Concrete Pipe precast ini juga bisa berupa modular yang dipisahkan antara atas dan bawahnya.

Dalam aplikasi saluran dari beton ini, didaat beberapa keuntungan, seperti:

  • Harga relative murah dengan pengerjaan yang cepat hingga lebih efektif dan efisien
  • Pemasangan mudah karena beton tinggal dipasang, sudah dicetak di pabrik
  • Durabilitasnya cukup tinggi. Beton bisa berumur hingga 25 tahun bahkan lebih
  • Bila sudah tidak dipakai, maka beton bisa dipindahkan atau diganti.

Meksipun Reinforced Concrete Pipe atau pipa beton cukup efektif sebagai pipa saluran air atau pembuangan, namun beton bukan satu-satunya material yang dipakai dalam kosntruksi gorong-goronga. Seperti yang disebutkan di atas, ada pula gorong-gorong dari baja. Untuk saluran jenis ini, jenis baja yang dipakai ialah Corrugated Steel Pipe.  Ada pula jenis beton yang memakai bahan PVC yang biasanya diaplikasikan untuk jenis saluran yang lebih kecil ukurannya.

Pemasangan Reinforced Concrete Pipe untuk Gorong-gorong

Pembangunan gorong-gorong adalah salah satu proyek dalam konstruksi yang sering dikerjakan. Apalagi menjelang musim penghujan, maka pengerjaan gorong-gorong dan perbaikannya lebih gencar dilakukan.

Lihat harga dan jenis gorong-gorong lain berbentuk kotak: harga box culvert

Jenis konstruksi ini merupakan bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air baik untuk kepentingan irigasi maupun saluran pembuangan. Proyek ini melibatkan jenis pipa tertentu, Reinforced Concrete Pipe adalah salah satu yang paling banyak digunakan, merupakan beton precast yang biasa dipasang di bawah jalan, atau jalan kereta api.

Selain sebagai irigasi maupun saluran pembuangan, gorong-gorong ini juga bisa berfungsi sebagai saluran drainase atau selokan di jalan, khususnya di kota-kota besar untuk mengatasi masalah banjir. Pembuatan saluran, selain dengan Reinforced Concrete Pipe atau RCP juga sering ditemui pembuatannya dengan material lain, seperti baja maupun Polyvinyl Chlorida (PVC).

Pembuatan  Reinforced Concrete Pipe untuk Gorong-gorong

Drainase merupakan sistem yang diaplikasikan untuk mengontrol kualitas dari air tanah. Sistem ini sangat erat dengan salinitas karena drainase juga berfungsi sebagai saluran pembuangan. Untuk aplikasi drainase atau gorong-gorong ini, maka dibutuhkan Reinforced Concrete Pipe sebagai jenis saluran yang banyak digunakan.

Untuk pembuatannya, maka bahan baku yang dibutuhkan sama dengan pembuatan jenis beton bertulang pada umumnya. Berikut ini bahan baku yang dibutuhkan:

  • Air
  • Agregat berupa pasir
  • Agregat kasar berupa kerikil
  • Semen
  • Dan cetakan

Langkah mencetak saluran pipa beton di pabrik:

  • Mencampurkan semen dengan agregat yang ada, yakni pasir dan kerikil dengan perbandingan tertentu untuk mencapai kekuatan dan mutu beton sesuai standart. Dalam pencampuran ini dibutuhkan sedikit air untuk memastikan semua campuran tercampur maksimal.
  • Menyiapkan cetakan untuk Reinforced Concrete Pipe dengan ukuran sesuai dengan kebutuhan. Cetakan yang digunakan bisanya dari besi yang sudah dilumuri dengan oli bekas yang akan memudahkan beton untuk dilepas dari cetakan.
  • Setelah beton segar diletakkan dengan sedikit demi sedikit, maka cetakan yang sudah siap harus diiamkan hingga kering sempurna. Setidaknya butuh 5 hari untuk mencapai kekuatan beton yang maksimal.
Manfaat Reinforced Concrete Pipe untuk Sistem Gorong-gorong

Susdah disebutkan di atas bahwa gorong-gorong dengan Reinforced Concrete Pipe memiliki manfaat yang cukup besar, seperti menjadi saluran pembuangan atau drainase yang mampu menyalurkan air dalam jumlah yang cukup besar.

Pada umumnya, manfaat Reinforced Concrete Pipe untuk gorong-gorong bisa meliputi dua fungsi, yakni:

  • Sistem drainase mayor
    Sistem drainase yang berskala besar dan luas. Sistem ini disebut juga drainase primer. Maka dari itu, tidak heran jika pembuatan Reinforced Concrete Pipe juga menggunakan perhitunagn khusus dan juga dari bahan  yang terbaik sesuai standart. Saluran drainase ini bisa meliputi saluran pada kanal-kanal maupun sungai.
  • Sistem drainase mikro
    Sistem drainase atau gorong-gorong yang satu ini merupakan sistem saluran yang bisa ditemui di pinggir-pinggir jaan, selokan dimana debit air yang ada tidak terlalu besar. Sistem ini juga digunakan di permukiman dan lingkungan tertentu yang butuh penyaluran air hujan agar tidak terjadi banjir atau air menggenang terlalu lama.

Keistimewaan dari Reinforced Concrete Pipe ini ialah kemampuannya dalam menahan beban berat untuk segala penempatan yang mampu bertahan hingga waktu yang lama. Aplikasi dari jenis saluran ini sangat berperan besar dalam sistem drainase karena akan selalu ada tekanan tanah dan juga tekanan yang dilalui pipa saluran bertulang. Tekanan tersebut cuup berat hingga jenis Reinforced Concrete Pipe banyak dipakai dalam konstruksi gorong-gorong.

Melihat fungsinya reinforced concrete pipe ini hampir sama dengan u ditch, sebagai perbandingan dan sekaligus untuk melihat spesifikasi dan harga u ditch, lebih simple mana dan lebih mahal mana dibanding dengan concrete pipe ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *