Tips & Trik

A – Z Istilah dalam Dunia Konstruksi

Istilah-Istilah dalam Dunia Konstruksi

ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA KONSTRUKSI

Kamus istilah konstruksi umum maupun bangunan ini adalah rincian dari huruf A sampai Z, menjelaskan tentang istilah populer yang sering diucapkan maupun di terangkan pada media-media dan juga dalam materi umum pada bidang konstruksi.
Tulisan ini merupakan hasil pengembangan dari sumber-sumber makalah baik itu sumber internet maupun materi-materi tentang konstruksi, termasuk buku kamus konstruksi dari toko buku Gramedia, toko buku Palasari, Togamas dan lain sebagainya.
Untuk mempermudah pencarian Anda cukup tekan CTRL+F pada keyboard dan cari kata-kata atau istilah yang anda perlukan

A

A / C: – adalah singkatan untuk pendingin udara atau AC. A / C Condenser – Unit fan luar sistem penyejuk udara.

A / C Disconnect – adalah saklar utama listrik ON-OFF dekat A / C kondensor.

Aggregate – adalah sebuah campuran pasir, batu dan komponen utama dari beton.

Air space – adalah ruangan antara isolasi menghadap dan interior dari penutup dinding eksterior. Biasanya 1 “celah udara.

Agregat – adalah sebuah campuran pasir dan batu, komponen utama dari beton.

Agregat Ringan – adalah agregat yang dalam keadaan kering dan gembur mempunyai berat 1100 kg/m3 atau kurang.

Agregat Halus – adalah pasir alam sebagai hasil desintegrasi alami batuan atau pasir yang dihasilkan oleh inustri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir terbesar 5,0 mm.

Agregat Kasar – adalah kerikil sebagai hasil desintegrasi alami dari bantuan atau berupa batu pecah yang diperoleh dari industri pemecah batu dan mempunyai ukuran butir antara 5-40 mm.

Angker – adalah media untuk mengikat dalam suatu sambungan beton pracetak.

Adukan – adalah campuran antara agregat halus dan semen portland atau sembarang semen hidrolik yang lain dan air.

Abutment – adalah bagian bawah tumpuan struktur jembatan Agregat campuran – bahan batu-batuan yang netral (tidak bereaksi) dan merupakan bentuk sebagian besar beton (misalnya: pasir, kerikil, batupecah, basalt)

AISC – adalah singkatan dari American Institute of Steel Construction.

AISCS – adalah spesifikasi-spesifikasi yang dikembangkan oleh AISC, atau singkatan dari American Institute of Steel Construction Specification.

ASTM – adalah singkatan dari American Society of Testing and Materials Attic Ventilators – saringan di celah yang tersedia untuk ventilasi ruang loteng di dalam rumah.

Area Wells – adalah logam bergelombang atau dinding beton pembatas dipasang di sekitar jendela ruang bawah tanah untuk menahan permukaan lantai (permukaan Bumi).

Architect – adalah salah satu orang yang telah menyelesaikan suatu program studi dalam membangun, mendesain, dan dilisensikan oleh negara sebagai arsitek.

Apron – adalah sebuah papan trim yang dipasang di bawah dekat jendela

Appraisal – adalah sebuah penilaian ahli properti.

Acuan (bekisting) – adalah suatu sarana pembantu struktur beton untuk pencetak beton sesuai dengan ukuran, bentuk, rupa ataupun posisi yang direncanakan.

Accelerator – adalah bahan tambah untuk mempercepat pengikatan beton.

Admixture – adalah bahan tambah untuk campuran beton.

Additive – adalah bahan tambah untuk campuran beton.

B

Balok – adalah elemen struktur linier horisontal yang akan melendut akibat beban transversal

Balok spandrel – adalah balok yang mendukung dinding luar bangunan yang dalam beberapa hal dapat juga menahan sebagian beban lantai

Batas Atterberg – adalah besaran kadar air (%) untuk menandai kondisi konsistensi tanah yakni terdiri dari batas cair (Liquid Limit / LL), bata plastis (Plastic Limit/ PL) maupun batas susut (shirinkage Limit).

Batas Cair – adalah besaran kadar air tanah uji (%) dimana dilakukan ketukan sebanyak 25 kali menyebabkan alur tanah pada cawan Cassangrade berimpit 1.25 cm (1/2 inch).

Batas Plastis – adalah besaran kadar air tanah sehingga saat dilakukan pilinan pada contoh tanah hingga Ø 3 mm mulai terjadi retakan dan tidak putus

Beban – adalah suatu gaya yang bekerja dari luar

Beban hidup – adalah semua beban yang terjadi akibat pemakaian dan penghunian suatu gedung, termasuk beban-beban pada lantai yang berasal dari pada atap

Beban mati – berat semua bagian dari suatu gedung yang bersifat tetap, termasuk segala beban tambahan, finishing, mesin-mesin serta peralatan tetap yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari gedung tersebut

Beton – suatu material komposit yang terdiri dari campuran beberapa bahan batu-batuan yang direkatkan oleh bahan-ikat, yaitu dibentuk dari agregat campuran (halus dan kasar) dan ditambah dengan pasta semen (semen +air) sebagai bahan pengikat.

Beton Bertulang – beton yang diperkuat dengan tulangan, didesain sebagai dua material berbeda yang dapat bekerja bersama untuk menahan gaya yang bekerja padanya.

Beton Cast-in-place – beton yang dicor langsung pada posisi dimana dia ditempatkan. Disebut juga beton cast- in site.

Beton Precast – beton yang dicor di tempat yang berbeda dengan site, biasanya di tempat yang berdekatan dengan lokasi site

Beton Prestressed – beton yang mempunyai tambahan tegangan tekan longitudinal melalui gaya tarik pada serat yang diberi pra-tegang di sepanjang elemen strukturnya.

Beton Struktural – beton yang digunakan untuk menahan beban atau untuk membentuk suatu bagian integral dari suatu struktur. Fungsinya berlawanan dengan beton insulasi (insulating concrete).

Bracing – konfigurasi batang-batang kaku yang berfungsi untuk menstabilkan struktur terhadap beban lateral

Ballast – Sebuah transformator yang steps up tegangan di lampu neon.

Barge Board – Sebuah papan dekoratif meliputi memproyeksikan kasau (fly rafter) dari ujung gable. Pada cornice, anggota ini adalah papan fasia.

Basement Window Inserts – Bingkai jendela dan Unit kaca yang dipasang di jendela buck.

Batt – Satu bagian dari serat-kaca atau batu-wol isolasi berukuran 15 atau 23 inci lebar 4-8 meter dan berbagai ketebalan ‘. Kadang-kadang “menghadapi” (yang berarti memiliki penutup kertas di satu sisi) atau “unfaced” (tanpa kertas).

Bay Window – Setiap ruang jendela menonjol keluar dari dinding bangunan, baik persegi atau poligonal dalam rencana.

Bantalan Partisi – Sebuah partisi yang mendukung beban vertikal selain beratnya sendiri.

Bantalan Dinding – Sebuah dinding yang apapun mendukung beban vertikal selain beratnya sendiri.

Bedrock – Sebuah lapisan bawah permukaan bumi yang cocok untuk mendukung struktur.

Bipass pintu – Pintu yang meluncur dengan satu sama lain dan sering digunakan sebagai pintu lemari.

Blow insulation – Fiber isolasi dalam bentuk longgar dan digunakan untuk melindungi loteng dan dinding yang ada di mana framing anggota tidak terkena.

Blue print (Cetak biru) – Sebuah jenis metode menyalin, sering digunakan untuk gambar arsitektur. Biasanya digunakan untuk menggambarkan gambar struktur yang disiapkan oleh seorang arsitek atau desainer untuk tujuan desain dan perencanaan, memperkirakan, izin mengamankan dan aktual konstruksi.

Board foot – Sebuah satuan ukuran untuk kayu

Brace – Sebuah bagian bingkai kayu diterapkan pada dinding atau lantai untuk memperkuat struktur.

Breaker Panel – Kotak listrik yang mendistribusikan tenaga listrik memasuki rumah, terdiri dari sirkuit cabang (setiap plug and switch) dan pemutus sirkuit.

Builder’s Risk Insurance – Perlindungan asuransi pada proyek konstruksi selama konstruksi.

Bahan Tambah – Bahan Tambahan adalah suatu bahan berupa bubukan atau cairan, yang dibubuhkan kedalam campuran beton selama pengadukan dalam jumlah tertentu untuk merubah beberapa sifatnya

Beton adalah campuran antara semen portland atau semen hidraulik yang lain, agregat halus, agregat kasar dan air, dengan atau tanpa bahan tambahan membentuk masa padat.

Beton Bertulang adalah beton yang ditulangi dengan luas dan jumlah tulangan yang tidak kurang dari nilai minimum, yang disyaratkan dengan atau tanpa prategang, dan direncanakan berdasarkan asumsi bahwa kedua material bekerja bersama-sama dalam menahan gaya yang bekerja.

Beton-Normal adalah beton yang mempunyai berat isi 2200- 2500 kg/m3 menggunakan agregat alam yang dipecah atau tanpa dipecah yang tidak menggunakan bahan tambahan.

Beton Praktekan adalah beton bertulang yang telah diberikan tegangan dalam untuk mengurangi tegangan tarik potensial dalam beton akibat beban kerja

Beton Pracetak adalah elemen atau komponen beton tanpa atau dengan tulangan yang dicetak terlebih dahulu sebelum dirakit menjadi bangunan.

Beton Ringan Struktur adalah beton yang mengandung agregat ringan yang mempunyai berat isi tidak lebih dari 1900 kg/m3.

Beton Polos adalah beton tanpa tulangan atau mempunyai tulangan tetapi kurang dari ketentuan minimum.

Bouwplank adalah papan duga dalam istilah Belanda.

Barsteel adalah rangkaian tulangan.

Box adalah korak penyedia daya atau arus listrik.

Bucket Tower Crane adalah kotak pembawa material dari mesin angkat.

Bleeding adalah beton yang kelebihan air, sehingga air semen naik ke permukaan.

Bendraat adalah kawat pengikat tulangan dalam istilah Belanda.

Batching Plant adalah lokasi / tempat pengadukan

C

Cincin tarik (cincin containment) – cincin yang berada di bagian bawah struktur cangkang

CO – Sebuah singkatan untuk “Certificate of Occupancy (Sertifikat Hunian)”. Sertifikat ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat dan diperlukan sebelum orang dapat menempati rumah.

Cantilever – Sebuah overhang. Dimana satu lantai melampaui dan lebih dari dinding pondasi.

Casement – Bingkai kayu atau logam bagian (atau semua) dari jendela sash. Dapat dibuka melalui engsel ditempelkan di tepi vertikal.

Casement Window – Sebuah jendela dengan engsel di salah satu sisi vertikal dan ayunan terbuka seperti pintu yang normal.

CELOTEX ™ – Papan hitam berserat yang digunakan sebagai sheething eksterior.

Cement – serbuk yang merupakan “lem/pelekat” dalam beton. Portland semen. Juga, perekat apapun.

Chink – Untuk menginstal isolasi fiberglass di pintu, jendela, sudut dinding, dan celah kecil di dinding eksterior.

Chip Board – Sebuah panel kayu yang terbuat dari “1 banding 2” serpihan kayu dan lem. Sering digunakan sebagai pengganti papan kayu di bagian luar dinding dan atap. Juga disebut OSB (Oriented Strand Board) atau papan wafer.

Circuit – Jalur arus listrik dari sumber listrik melalui outlet dan kembali ke tanah.

Circuit Breaker – Sebuah perangkat yang terlihat seperti tombol dan biasanya terletak di dalam pemutus panel atau pemutus sirkuit kotak listrik.

Class “A” – rating api optimum yang dikeluarkan oleh Laboratorium Penjamin Efek Emisi pada atap. Kode bangunan di beberapa tempat memerlukan jenis atap untuk keselamatan kebakaran.

Class “C” – rating api Minimum yang dikeluarkan oleh Laboratorium Penanggung untuk bahan atap.

Clip ties – Memotong kawat logam yang menonjol keluar dari dinding pondasi beton.

Concrete – Campuran semen Portland, pasir, kerikil, dan air. Digunakan untuk membuat garasi dan basement lantai, trotoar, teras, dinding pondasi, dll. Hal ini umumnya diperkuat dengan batang baja (rebar) atau penyaringan kawat (mesh).

Conditions, Convenants, dan Restrictions (CC dan Rs) – Standar yang mendefinisikan bagaimana sebuah properti dapat digunakan dan perlindungan pengembang untuk kepentingan semua pemilik di subdivisi.

Conduction- Transfer langsung energi panas melalui suatu material.
Conductivity – Tingkat di mana panas merambat melalui suatu material.

Conduit, listrik – Sebuah pipa logam, di mana kawat diinstal.

Construction Contract – Sebuah dokumen hukum yang menentukan what-when-where-how-how much dan oleh siapa yang terlibat dalam proyek konstruksi. Kontrak konstruksi yang baik meliputi:

1. Jumlah pendaftaran kontraktor .

2. Sebuah pernyataan dari kualitas kerja seperti ‘Standard Practices of Trades’ atau ‘menurut Spesifikasi Produsen ‘.

3. Satu set Blue Prints atau Rencana

4. Sebuah jadwal konstruksi termasuk tanggal awal dan selesai.

5. Satu set Spesifikasi

6. Harga Tetap untuk pekerjaan, atau Waktu dan rumus Bahan.

7. Sebuah Jadwal Pembayaran.

8. Setiap Tunjangan.

9. Klausa yang menggambarkan berapa perselisihan akan diselesaikan.

10. Sebuah Warrantee tertulis.

Construction drywall – Sebuah jenis konstruksi di mana dinding interior selesai diterapkan dalam kondisi kering, umumnya berupa bahan lembaran atau panel kayu sebagai kontras dengan plester.

Construction, bingkai – Jenis konstruksi di mana komponen struktural kayu atau tergantung pada bingkai kayu untuk pendukung.

Continuity tester – Sebuah perangkat yang memberitahu apakah sirkuit mampu membawa listrik.

Contractor – Sebuah perusahaan berlisensi yang melakukan beberapa jenis kegiatan konstruksi. Di kebanyakan negara, lisensi jeneral kontraktor dan lisensi beberapa khusus kontraktor tidak memerlukan kepatuhan dengan ikatan, kompensasi pekerja dan peraturan serupa. Beberapa lisensi kontraktor khusus melibatkan pelatihan luas, pengujian dan persyaratan asuransi. Ada berbagai jenis kontraktor:

· Kontraktor umum – bertanggung jawab atas pelaksanaan, pengawasan dan koordinasi keseluruhan proyek dan juga dapat melakukan beberapa tugas konstruksi individu. Sebagian besar kontraktor umum tidak berlisensi untuk melakukan semua perdagangan khusus dan harus menyewa kontraktor khusus untuk tugas-tugas seperti, misalnya listrik, pipa.

· Kontraktor Renovasi – kontraktor umum yang mengkhususkan diri dalam pekerjaan renovasi.

· Khusus kontraktor – lisensi untuk melakukan tugas khusus misalnya listrik, sisi selokan, pengurangan asbes.

· Sub kontraktor – kontraktor umum atau khusus yang bekerja untuk kontraktor umum lain.

Control joint – tooled, perawatan dilakukan pada lantai beton untuk “kontrol” di mana beton harus retak

Cooling load – Jumlah pendinginan yang diperlukan untuk menjaga bangunan pada suhu tertentu selama musim panas, biasanya 78 ° F, terlepas dari suhu luar.

Cornice – Overhang atap bernada, biasanya terdiri dari papan fasia, soffit dan cetakan langsing yang sesuai.

Counterfort – Bagian dinding fondasi yang memperkuat (dan umumnya tegak lurus) bagian panjang dari dinding fondasi

Cross Tee – logam pendek “T” balok yang digunakan pada sistem langit-langit untuk menjembatani ruang antara balok utama.

Culvert – Putaran, pipa pembuangan bergelombang (biasanya 15 “atau 18” diameter) yang dipasang di bawah sebuah jalan dan sejajar.

CGS adalah standar internasional terkecil dalam ukuran metrik (dalam sentimeter).

Conveyor adalah ban berjalan untuk membawa material.

Cofferdam adalah menahan / membendung adukan beton sehingga tidak tercampur lingkungan (tanah, sungai dan sebagainya).

Cast in situ adalah pelaksanaan pracetak beton di lapangan.

D

Daktilitas – adalah kemampuan struktur atau komponennya untuk melakukan deformasi inelastis bolak-balik berulang di luar batas titik leleh pertama, sambil mempertahankan sejumlah besar kemampuan daya dukung bebannya;

Defleksi – lendutan balok akibat beban

Dinding geser (shear wall, structural wall) – dinding beton dengan tulangan atau pra-tegang yang mampu menahan beban dan tegangan, khusunya tegangan horisontal akibat beban gempa.

Daylight – Ujung pipa (akhir terminal) yang tidak melekat pada apa pun.

Dead bolt – Sebuah kunci keamanan eksterior terpasang pada pintu masuk, dapat diaktifkan hanya dengan kunci atau ibu jari menekan tombol turn.

De-humidistat – Mekanisme kontrol yang digunakan untuk mengoperasikan sistem ventilasi mekanis berdasarkan kelembaban relatif di rumah.

Delaminasi – Pemisahan lapisan dalam panel karena kegagalan perekat. Biasanya disebabkan oleh kelembaban yang berlebihan.

Disconnect – Sebuah tombol (umumnya 20 Amp) saklar listrik ON-OFF.

Door operator – Sebuah pembuka pintu otomatis  garasi.

Double glass – Jendela atau pintu di mana dua panel kaca yang digunakan dengan ruang udara tertutup. Juga dikenal sebagai kaca isolasi.

Downspout – Sebuah pipa, biasanya dari logam, untuk membawa air hujan turun dari talang horisontal atap.

Drywall (atau Gypsum Wallboard (GWB), Lembar batu atau Plasterboard) – Dinding papan atau gypsum- Sebuah panel yang terbuat dari gipsum plester.

DWV(drain-waste-vent) – Bagian dari sistem pipa yang membawa air dan saluran pembuangan gas dari rumah.

Dowel adalah material penghubung antara 2 (dua) komponen struktur.

Deking adalah beton tahu untuk pedoman ketebalan beton.

E

Easement – Sebuah kontrak formal yang memungkinkan pihak untuk menggunakan properti pihak lain untuk tujuan tertentu.

Elbow (ell) – Sebuah pipa atau fitting listrik yang memungkinkan Anda mengubah arah saluran pipa.

Electric resistance coils (Kumparan resistensi listri) – kabel logam yang panas ketika arus listrik melewatinya dan digunakan dalam pemanas alas tiang dan pemanas air listrik.

Escrow – Penanganan dana atau dokumen oleh pihak ketiga atas nama pembeli dan / atau penjual.

Estimate (Perkiraan) – Jumlah tenaga kerja, bahan, dan biaya lain yang diantisipasi oleh kontraktor untuk sebuah proyek seperti yang dirangkum dalam proposal penawaran kontraktor untuk proyek tersebut.

Estimate (Memperkirakan) – Proses perhitungan biaya proyek. Ini bisa menjadi proses yang formal, atau proses cepat dan tepat.

Evaporator coil – Bagian dari sistem pendingin yang menyerap panas dari udara di rumah.

Ekstra – Pekerjaan tambahan yang diminta dari kontraktor, tidak termasuk dalam rencana semula, yang akan ditagih secara terpisah dan tidak akan mengubah nilai kontrak asli, tapi meningkatkan biaya membangun rumah.

F

Faktor reduksi – suatu faktor yang dipakai untuk mengalikan kuat nominal untuk mendapatkan kuat rencana;

Faktor Air Semen (Fas) adalah perbandingan antara jumlah semen dan air pada beton.

FHA strap – tali logam yang digunakan untuk memperbaiki dinding penyangga “cut-out”, dan “mengikat bersama” sudut dinding, splices, dan kepala bantalan..

Ferrule – tabung logam digunakan untuk menjaga talang atap “terbuka”.

Fire brick – bata yang terbuat dari bahan keramik tahan panas yang akan menahan suhu tinggi. Digunakan dalam perapian dan boiler.

Fire retardant chemical – Sebuah kimia atau persiapan bahan kimia yang digunakan untuk mengurangi bahan mudah terbakar dari bahan atau untuk menghambat penyebaran api.
Flakeboard – Sebuah panel kayu yang terbuat dari 1 banding 2 serpihan kayu dan lem. Sering digunakan sebagai pengganti papan kayu untuk luar dinding dan atap selubung. Juga disebut OSB atau papan wafer.

Flashing – lembaran logam atau bahan lain yang digunakan dalam konstruksi atap dan dinding untuk melindungi bangunan dari rembesan air.

Flatwork – kata umum untuk lantai beton, jalan masuk, ruang bawah tanah, dan trotoar.

Form – struktur sementara yang didirikan untuk menampung beton selama pengecoran dan pengerasan awal.

Fondation – Bagian pendukung struktur bawah konstruksi lantai pertama, atau di bawah, termasuk pondasi.

Frame Inspeksi – Tindakan memeriksa integritas struktural rumah.

Framer -Kontraktor tukang kayu yang menginstal kayu dan erects frame, sistem lantai, dinding interior,  gulungan, kasau, decking, menginstal semua balok, tangga, sofit dan semua pekerjaan yang berhubungan dengan struktur kayu rumah.

Framing – Lumber digunakan untuk bagian struktur bangunan, seperti studs, balok dan langit-langit.

Frost tutup – tutup logam putaran, yang dipasang pada lubang meteran air.

Fuse – Sebuah perangkat yang sering ditemukan di rumah-rumah tua yang dirancang untuk mencegah overload di jalur listrik.

G

Gaya tarik – gaya yang mempunyai kecenderungan untuk menarik elemen hingga putus.

Gaya tekan – gaya yang cenderung untuk menyebabkan hancur atau tekuk pada elemen. Fenomena ketidakstabilan yang menyebabkan elemen tidak dapat menahan beban tambahan sedikitpun bisa terjadi tanpa kelebihan pada material disebut tekuk (buckling).

Geser – keadaan gaya yang berkaitan dengan aksi gaya-gaya berlawanan arah yang menyebabkan satu bagian struktur tergelincir terhadap bagian di dekatnya. Tegangan geser umumnya terjadi pada balok.

Girder – susunan gelagar-gelagar yang biasanya terdiri dari kombinasi balok besar (induk) dan balok yang lebih kecil (anak balok)

Goyangan (Sideways) – fenomena yang terjadi pada rangka yang memikul beban vertikal. Bila suatu rangka tidak berbentuk simetris, atau tidak dibebani simetris, struktur akan mengalami goyangan (translasi horisontal) ke salah satu sisi.

GF CI, atau GFI – Ground Fault Circuit Interrupter- plug ultra-sensitif yang dirancang untuk mematikan semua arus listrik. Digunakan di kamar mandi, dapur, eksterior outlet tahan air, outlet garasi, dan “area basah”.

General Kontraktor – Seorang kontraktor yang melakukan kontrak dengan pemilik proyek untuk pembangunan proyek dan yang bertanggung jawab penuh

Glazing – Proses pemasangan kaca, pekerjaan tukang kaca dan senyawa kaca.

Grain – Arah, ukuran, pengaturan, penampilan, atau kualitas dari serat kayu.

Ground fault – Ground Fault Circuit Interrupter (sakelar, GFI) – plug ultra-sensitif yang dirancang untuk mematikan semua arus listrik. Digunakan di kamar mandi, dapur, eksterior outlet tahan air, outlet garasi, dan “area basah”. Memiliki tombol reset kecil di steker.

Grout – Campuran semen basah, pasir dan air yang mengalir ke celah-celah batu atau keramik untuk menutup celah-celah antara potongan-potongan yang berbeda.

Gusset – Sebuah kayu datar, kayu lapis, digunakan untuk menghubungkan di persimpangan bagian kayu. Paling sering digunakan pada sendi gulungan kayu. Disatukan oleh paku, sekrup, baut, atau perekat.

Gutter (Talang) – Sebuah saluran dangkal atau saluran dari logam, plastik atau kayu diletakan di bawah dan di sepanjang (fascia) atap rumah untuk menangkap dan membawa pergi air hujan dari atap.

Gypsum plester – Gypsum diformulasikan untuk digunakan dengan penambahan pasir dan air untuk dasar-coat plester.

H

HPS – singkatan dari high-performance steel, merupakan suatu tipe kualitas baja

HVAC – singkatan dari Heating, Ventilating, Air Conditioning, yaitu hal yang berhubungan dengan sistem pemanasan, tata udara dan pengkondisian udara dalam bangunan

Hardware – Semua “metal” fitting yang masuk ke rumah ketika hampir selesai. Misalnya, tombol-tombol pintu, bar handuk, penutup pintu, dll.

Hazard insurance – Perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, angin ribut, atau bahaya umum lainnya.

Heating load – Jumlah pemanasan diperlukan untuk menjaga bangunan pada suhu tertentu selama musim dingin, biasanya 65 ° F, terlepas dari suhu luar.

Heat meter – Pemeriksa listrik dari kotak panel meter pemutus listrik.

Hip – Sebuah atap dengan empat sisi miring. Sudut eksternal yang dibentuk oleh pertemuan dua sisi miring dari atap.

Hip Roof – Atap yang nmemiliki bidang miring dari keempat sisi bangunan.

Home run (listrik) – Kabel listrik yang mengusung tenaga dari pemutus utama sirkuit panel ke kotak pertama listrik, steker, atau switch di sirkuit.

Hot wire – kawat yang membawa energi listrik untuk wadah atau perangkat lainnya dengan netral, yang membawa listrik pergi lagi.

Humidifier – Sebuah alat yang biasanya melekat pada tungku, atau perangkat unit portabel yang dirancang untuk meningkatkan kelembaban dalam ruangan atau rumah dengan cara keluarnya uap air.

HVAC – Sebuah singkatan untuk Heat, Ventilation, dan Air Conditioning

Hammer Test adalah uji palu beton pada lapisan yang telah mengeras.

I

In Site – adalah lokasi / lapangan.

I-beam – Sebuah balok baja dengan penampang menyerupai huruf I. Hal ini digunakan untuk membentangkan balok sepanjang basement.

I-balok silang – Diproduksi untuk komponen struktur bangunan yang menyerupai huruf “I”. Digunakan sebagai balok lantai dan langit-langit. I-balok meliputi dua bagian utama: flensa dan jaring. Flens I balok silang dapat dibuat dari laminated veneer lumber atau dimensi kayu, biasanya dibentuk menjadi 1 ½ “lebar.

Incandescent lamp – Sebuah lampu menggunakan filamen logam bermuatan listrik yang bersinar putih.

Inside corner – Titik di mana dua dinding membentuk sudut internal, di sudut ruangan.

Isolasi kaca – Jendela atau pintu di mana dua panel kaca yang digunakan dengan ruang udara tertutup. Juga dikenal sebagai kaca ganda.

Interior finish – Material yang digunakan untuk menutupi daerah berbingkai interior di dinding dan di langit-langit

J

Joist hanger – Sebuah logam  item berbentuk “U”.
Jumper – Pipa Air dipasang di lubang meteran air (sebelum meteran air dipasang), atau kawat listrik yang dipasang di panel soket listrik sebelum meteran terpasang di rumah.

K

Konstruksi Batu – adalah pasangan batu yang berfungsi sebagai elemen konstruksi dengan kekuatan tekan > 100 kg/cm2.

Konstruksi Beton – adalah beton yang berfungsi sebagai elemen konstruksi

Kabel – adalah susunan material yang digunakan dalam media penarikan beton pratekan, biasanya disebut tendon.

Kilowatt (kw) – Seribu watt. Sebuah kilowatt hour adalah unit dasar yang digunakan dalam mengukur konsumsi listrik.

Kolom – elemen struktur linier vertikal yang berfungsi untuk menahan beban tekan aksial

Komposit – tipe konstruksi yang menggunakan elemen-elemen yang berbeda, misalnya beton dan baja, atau menggunakan kombinasi beton cast-in situ dan pre-cast, dimana komponen yang dikombinasikan tersebut bekerja bersama sebagai satu elemen struktural.

Kuat nominal – kekuatan suatu komponen struktur atau penampang yang dihitung berdasarkan ketentuan dan asumsi metode perencanaan sebelum dikalikan dengan nilai faktor reduksi kekuatan yang sesuai

Kuat perlu – kekuatan suatu komponen struktur atau penampang yang diperlukan untuk menahan beban terfaktor atau momen dan gaya dalam yang berkaitan dengan beban tersebut dalam suatu kombinasi seperti yang ditetapkan dalam tata cara ini

Kuat rencana – kuat nominal dikalikan dengan suatu faktor reduksi kekuatan f

Kuat tarik leleh – kuat tarik leleh minimum yang disyaratkan atau titik leleh dari tulangan dalam Mpa

Kuat tekan beton yang disyaratkan (fC’ ) – kuat tekan beton yang ditetapkan oleh perencana struktur (benda uji berbentuk silinder diameter 150 mm dan tinggi 300 mm), untuk dipakai dalam perencanaan struktur beton, dinyatakan dalam satuan MPa.

BERSAMBUNG KE A-Z KAMUS ISTILAH KONSTRUKSI BANGUNAN BAG II KLIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *