Material

Apa itu UPVC Jenis Kekurangan dan Kelebihannya

Apa itu UPVC Jenis Kekurangan dan Kelebihannya

Produk UPVC sudah diaplikasikan ke berbagai jenis material pembangunan mulai dari kusen hingga pembuatan atap

Dalam artikel ini juga akan diulas mengenai kelebihan dan kekurangan produk UPVC berikut jenis produknya

Definisi UPVC

UPVC adalah singkatan dari Unplasticized Poly Vinyl Chloride. Material yang satu ini merupakan material turunan dari plastik yang sudah mengalami berbagai proses sehingga sifat lenturnya bisa hilang. Hasil akhir setelah proses adalah jenis material keras yang kemudian digunakan untuk pembuatan pintu, jendela, atau bahkan atap.

Kelebihan Menggunakan Produk UPVC

Lantas apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh jenis produk yang satu ini? Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan menggunakan jenis produk dari UPVC:

Mudah Dirawat

Produk dari UPVC tidak memerlukan jenis perawatan yang khusus. Anda cukup membersihkannya secara berkala agar bisa selalu terlihat bersih. Dengan demikian, pemilik hunian juga tidak akan mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan perawatan.

Anti Rayap

Produk dari UPVC juga anti rayap, sehingga penghuni tidak perlu khawatir. Selain anti rayap, produk yang satu ini juga anti korosi sehingga tidak mudah tergerus.

Tidak Merambatkan Panas

Produk yang satu ini juga membuat penghuni merasa lebih nyaman karena sinat matahari tidak akan masuk ke dalam rumah. Dengan demikian, penghuni tidak perlu takut karena merasa gerah dan panas di rumah sendiri.

Harga yang Terjangkau

Produk dari UPVC juga memiliki harga yang lebih hemat di kantong. Dengan demikian, produk yang satu ini bisa dijadikan sebagai solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan produk dengan banyak kelebihan dan harga yang murah.

Kuat

Produk dari UPVC memiliki tekstur yang sangat kuat bahkan lebih keras jika dibandingkan dengan pipa PVC. Produk yang satu ini juga memiliki tekstur yang lebih tebal.

Baca juga:

Jenis Aluminium Composite Panel

Rumah Lebih Elegan

Penggunaan produk dari UPVC juga membuat tampilan hunian Anda menjadi lebih menawan karena dibuat dengan berbagai macam warna.

Dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, maka sudah saatnya jika Anda beralih ke penggunaan produk UPVC. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti yang telah diulas di atas atau bahkan lebih banyak lagi

Jendela UPVC
Contoh Kusen Jendela UPVC

Baca juga:

Harga Jasa Bangun rumah

Kekurangan Menggunakan Produk UPVC

Meski memiliki banyak kelebihan, namun penggunaan produk yang satu ini juga tidak lepas dari yang namanya kekurangan. Adapun beberapa kekurangan yang didapatkan dari produk ini, antara lain adalah sebagai berikut.

Mudah Retak

Hal ini biasanya hanya akan terjadi jika produk tersebut mengalami benturan dengan benda keras. Inilah kenapa, Anda sebaiknya tetap berhati-hati dalam menggunakannya.

Penyusutan

Produk dari UPVC juga bisa mengalami penyusutan seiring dengan berjalannya waktu. Untuk jenis kusen UPVC, Anda sebaiknya sebaik mungkin mengatur seberapa besar kusen yang akan dipasang dengan baik.

Perubahan Warna

Penting juga untuk diketahui jika ada sebagian dari warna UPVC yang akan mengalami perubahan. Hal ini bisa terjadi saat produk tersebut terkena sinar matahari secara langsung.

Dengan mengetahui kelebihan juga kekurangan dari produk yang satu ini, maka bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum melakukan pembelian.

Baca juga:

Harga Baja ringan

Berbagai Produk dari Bahan UPVC

Penggunaan UPVC sudah diaplikasikan untuk banyak jenis produk. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

Kusen UPVC

Telah banyak orang yang menggunakan kusen dari UPVC. Hal ini tidak lepas dari keunggulan kusen UPVC yang tahan air hingga tahan terhadap serangan rayap. Pemasangannya juga lebih mudah karena memiliki bobot yang ringan sehingga tidak memberatkan ketika diangkut.

Selain itu, pemesanan ukuran kusen UPVC juga bisa disesuaikan dengan ukuran di lapangan. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan kusen sesuai dengan kebutuhan.

Atap UPVC

Atap UPVC menjadi salah satu pilihan karena kemampuannya dalam meredam panas secara lebih baik. Tidak heran jika mereka yang tinggal di bawah atap bisa merasa lebih dingin dan juga merasa sejuk. Kualitas dari produk yang satu ini juga tidak perlu diragukan lagi karena lebih tahan terhadap cuaca.

Produk dari UPVC juga memiliki karakter yang kaku dan juga lebih kokoh. UPVC juga tidak mengandung bahan adiktif pembuat plastik di dalamnya.

Baca juga:

Harga Plafon PVC

Tengah ingin membuat rumah atau melakukan renovasi rumah? Maka produk UPVC bisa dijadikan sebagai salah satu material pilihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *