Tips & Trik

Macam-Macam Safety Equipment Dalam Pekerjaan Konstruksi

Macam-Macam Safety Equipment Dalam Pekerjaan Konstruksi

Bebagai Safety Equipment Pekerjaan Konstruksi Demi Keselataman Kerja

Memahami betapa penting safety equipment  pada konstruksi khususnya yang  bekerja di lapangan atau lokasi konstruksi serta jenis-jenis alat keselamatan tersebut dan syarat keamanannya.

Setiap bidang pekerjaan harus mengutamakan keselamatan. Begitu juga dalam bidang konstruksi. Apalagi pekerjaan ini melibatkan fisik dan juga lokasi kerja yang kadang beresiko. Maka dari itulah, penting sekali untuk menerapkan safety equipment  pada konstruksi.

Hal di atas sangat penting diterapkan mengingat dalam pekerjaan konstruksi akan melibatkan alat, mesin, dan juga metode yang bisa menimbulkan resiko. Demi melindungi keselamatan pekerja, maka standar keselamatan, khususnya peralatannya harus ditekankan.

Salah satu contoh pekerjaan yang wajib menggunakan alat pengaman yaitu saat memindahkan beton precast dari armada truck ke titik pekerjaan proyek

Tujuan Pemakaian Safety Equipment  Pada Konstruksi

Salah satu tujuan utama dari safety equipment  pada konstruksi ialah mengurangi resiko kecelakaan kerja. Karena seperti yang kita tahu, dalam proyek konstruksi, bisa saja terjadi suatu kejadian yang tidak terencana dan tidak terkontrol. Penyebabnya bisa dari faktor manusia, lingkungan, maupun keduanya.

Jika hal ini terjadi maka proses kerja bisa terhenti. Selain itu, bagi pekerja resiko terjadi luka, sakit bahkan kematian juga sangat tinggi. Belum lagi akan adanya kerugian berupa harta benda.

Karena kecelakaan kerja bisa menimbulkan banyak kerugian, maka tak heran jika safety equipment  pada konstruksi sangat ditekankan. Setiap perusahaan konstruksi hendaknya memenuhi setiap persyaratan tersebut.

Safety Equipment  Pada Konstruksi dan Faktor Kecelakaan Kerja

Ada banyak faktor yang bisa mengakibatkan kecelakaan kerja pada proyek konstruksi. Beberapa hal yang sering terjadi ialah didasari atas:

  • Kondisi kerja
    Di dalam hal ini, pengalaman dan pengetahuan pekerja yang menjadi poin utamanya. Pengetahuan dan pengalaman yang kurang bisa membahayakan dirinya dan juga proyek yang dikerjakan. Maka tak heran jika konstruksi membutuhkan tenaga yang berpengalaman.
  • Kelalaian manusia
    Manusia bukanlah mesin. Dan karena hal itulah terkadang manusia melakukan kesalahan. Beberapa yang mempengaruhi pekerjaan ialah karena stress, rendahnya motivasi, adanya konflik, serta masalah fisik.Maka untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja, dibutuhkan safety equipment  pada konstruksi. Dengan alat ini maka keselamatan manusia di lokasi konstruksi akan lebih terjamin.
  • Tindakan yang tidak aman
    Ketidak patuhan pada prosedur kerja dan kecerobohan mausia bisa menjadi faktor kecelakaan kerja. Hal ini  akan membuat resiko kecelakaan makin tinggi jika jenis konstruksi yang dikerjakan memiliki bahaya dan resiko tinggi, baik karena lokasi maupun kondisi lingkungan yang ada.

Dari berbagai faktor di atas, maka bisa menimbulkan kerugian, berupa:

  • Pada pakerja, bisa menderita luka, cacat, hingga kematian.
  • Pada kontraktor, bisa menimbulkan kerugian harta akibat biaya langsung maupun tidak langsung.
  • Pada pelanggan, bisa mengakibatkan ketersediaan produk dan jasa terhambat dan penundaan pekerjaan.
Mengenal Safety Equipment  pada Konstruksi

Pada setiap orang yang bekerja di bidang konstruksi akan membutuhkan safety equipment. Hal ini termasuk pula perlengkapan perlindungan diri. Alat-alat ini disebut juga dengan personal protective equipment.

Peralatan yang termasuk pada perlindungan diri tersebut meliputi:

  • Pakaian pekerja
    Fungsi pakaian kerja yang sesuai dengan standar ialah untuk melindungi badan manusia dari pengaruh dari luar yang bisa melukai anggota tubuh.Baju Keamanan Kerja
  • Sepatu atau safety shoes
    Sepatu yang dipakai pekerja konstruksi haruslah memenuhi kriteria tertentu. Bagian muka sepatu harus keras untuk mengurangi resiko luka akibat benda tajam yang banyak dipakai dalam pekerjaan konstruksi.sepatu kerja konstruksi
  • Kacamata
    Jenis kacamata pekerja konstruksi ini bisa dipakai  untuk melindungi  mata yang rawan terkena debu. Bisa pula melindungi dari bahan dan material berbahaya yang bisa merusak mata.
  • Penutup telinga
    Fungsi utama dari safety equipment  pada konstruksi ini ialah intuk melindungi bagian pendengaran dari kebisingan. Karena di lokasi konstruksi akan ditemui banyak mesin dan alat yang menimbulkan bunyi bising.
  • Sarung tangan
    Khususnya bagi pekerja lapangan atau di lokasi konstruksi, alat ini sangat penting. Sarung tangan melindungi dari resiko luka akibat terkena benda keras dan tajam.
  • Helm
    Bukan hanya pekerja, setiap yang datang ke lokasi konstruksi wajib memakai helm. Gunanya ialah untuk melindungi kepala akan resiko kejatuhan benda-benda dari lokasi konstruksi.
  • Masker
    Debu dan material bahan bangunan yang tak kasat mata akan rawan beterbangan. Maka dari itulah, pemakaian masker ini tak boleh disepelekan. Gunanya untuk melindungi saluran pernafasan pekerja agar tidak terganggu.
  • Safety belt
    Alat ini untuk menjaga pekerja di lokasi konstruksi yang berada pada ketinggian atau jika pekerja tersebut bekerja pada posisi yang berbahaya. Resiko jatuh bisa diminimalisir dengan adanya alat berupa sabuk pengaman ini.
  • Tangga
    Alat ini untuk memanjat jika pekerja harus mencapai ketinggian tertentu untuk melakukan pekerjaan konstruksi. Untuk lebih aman harus disertai dengan pemakaian sabuk pengaman.
  • Menyediakan P3K
    Alat dan obat-obatan P3K sangat penting untuk memberikan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan kerja.
Syarat-Syarat Safety equipment  Pada Konstruksi

Untuk bisa melindungi pekerja dari resiko kecelakaan kerja, maka safety equipment pada konstruksi harus memenuhi syarat, sebagai berikut:

  • Penggunaan alat disesuaikan dengan bahaya yang akan dihadapi pekerja
  • Safety equipment pada konstruksi dibuat dari bahan yang berkualitas dan tahan terhadap resiko yang dihadapi
  • Konstruksinya harus kuat
  • Tidak menimbulkan resiko bahaya bagi pemakainya

Dengan terpenuhinya beberapa syarat di atas, maka keselamatan kerja akan lebih terjamin. Selanjutnya, berbagai kerugian bisa dihindarkan.

2 thoughts on “Macam-Macam Safety Equipment Dalam Pekerjaan Konstruksi

  1. RIDWAN PA.SE berkata:

    bagai mana tuk melakukan kerja sama ya boss

    1. Kerjasama dalam bidang apa ya boss?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *