Konstruksi

6 Type Bangunan Perumahan Berdasarkan Luas Tanah

6 Type Bangunan Perumahan Berdasarkan Luas Tanah

Type-Type Bangunan Untuk Perumahan Berdasarkan Luas Tanah

Selain sandang dan pangan, rumah menjadi kebutuhan primer yang tidak boleh ditinggalkan. Keberadaan rumah memiliki banyak fungsi seperti tempat perlindungan, tempat berkumpul keluarga hingga tempat peristirahatan. Memiliki rumah idaman tentu menjadi keinginan bagi setiap orang, namun sayangnya membuat rumah tidak semudah membalik telapak tangan.

Pertimbangan-pertimbangan lain selain jenis bangunan untuk rumah yaitu material bahan bangunan, namun disini kami tidak akan menelisik lebih jauh mengenai material-material yang dibutuhkan, bila anda memerlukan material-material untuk kebutuhan bangunan silakan anda pada tauatan dibawah ini:

Anda perlu genteng metal ? lihat harga genteng metal berbagai ukuran

Ada begitu banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan rumah. Anda harus siap dalam hal pendanaan, rancangan dan lain-lain. Selain itu anda juga harus mengetahui dengan baik jenis atau type rumah seperti apa yang akan anda buat.

Berikut ini kami rinci secara umum jenis-jenis tipe rumah yang pada umumnya di Indonesia sering gunakan sebagai parameter dalam pembangunan perumahan.

Type-Type Bangunan Untuk Perumahan

Untuk membuat hunian nyaman bersama keluarga, ada baiknya anda mengetahui type-type bangunan untuk perumahan seperti yang berikut ini.

  1. Type rumah 21
    Type rumah 21 merupakan rumah minimalis dengan harga lebih murah dibandingkan dengan type rumah yang lain. Meski memiliki ukuran yang mini, namun type rumah 21 tetaplah hunian yang layak ditempati. Type 21 terdiri dari 1 kamar tidur, 1 ruang tamu dengan 1 kamar mandi. Type rumah 21 banyak disewakan sebagai rumah kos atau kontrak. Sementara untuk keluarga yang telah memiliki anak dan banyak barang, sebaiknya tidak memilih type rumah ini mengingat ukurannya yang sempit.
  1. Type rumah 36
    Type rumah 36 memiliki ukuran sedikit lebih luas dari type 21. Rumah dengan type ini dapat dibuat menjadi 2 kamar tidur, 1 ruang tamu serta 1 kamar mandi. Sama seperti type 21, type rumah 36 banyak dijumpai sebagai rumah sewa bagi kalangan mahasiswa, karyawan atau ada pula yang menjadikannya sebagai basecamp dan kantor sederhana.
  1. Type rumah 45
    Type-type bangunan untuk perumahan berdasarkan luas tanah selanjutnya adalah type rumah 45. Type rumah ini cukup populer di kalangan masyarakat ataupun pendatang baru yang ingin membeli hunian. Rumah ini cocok bagi mereka yang telah berkeluarga karena cukup luas untuk dihuni.
    Rumah type 45 bisa dibuat menjadi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur, 1 ruang tamu serta garasi didalamnya. Jika luas masih mencukupi anda juga bisa membangun taman, teras atau menyisakan tanah untuk dibuat halaman.
  1. Type rumah 54
    Rumah type 54 memiliki ukuran seluas 54 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, anda bisa membaginya menjadi beberapa ruangan sesuai kebutuhan. Type rumah 54 memungkinkan anda untuk memiliki 2 hingga 3 kamar tidur, satu ruang keluarga, satu ruang tamu dan dapur. Untuk bagian eksteriornya, anda bisa menambahkan halaman sebagai tempat bermain anak atau untuk ditanami tumbuhan penyejuk rumah.
  1. Type rumah 60
    Type rumah 60 umumnya berukuran 6 m x 10 m. Type rumah ini cukup luas dan banyak dilirik oleh masyarakat kelas menengah ke atas. Dengan luas tanah tersebut, anda bisa membuat beberapa kamar tidur, kamar mandi, ruang makan, ruang keluarga, gudang serta halaman belakang. Ukuran rumah type 60 juga memungkinkan anda untuk menerima tamu yang menginap atau untuk keperluan acara yang lain.
  1. Type rumah 72, 90, 100 dan 120
    Type rumah ini memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan dengan type rumah lainnya di atas. Mereka yang membuat type rumah ini umumnya merupakan masyarakat dengan ekonomi menengah atas atau kelas atas. Type rumah ini memungkinkan anda untuk membuat ruang utama seperti kamar mandi, kamar tidur, dapur, ruang tamu, ruang keluarga ditambah dengan halaman, teras serta garasi rumah.

Dalam mempercantik rumah anda bisa menambahkan desain interior maupun eksterior untuk menimbulkan kesan mewah dan elegan.

Dalam membangun rumah, anda bisa membuatnya menjadi 2 tingkat atau lebih. Pembuatan lantai 2 atau seterusnya memiliki banyak fungsi terlebih bagi anda yang membutuhkan tambahan ruang dalam sebuah hunian. Rumah bertingkat cocok bagi mereka yang memiliki banyak anggota keluarga. Rumah bertingkat sendiri banyak ditemukan di kota dengan tingkat penduduk yang padat. Hal ini terjadi dikarenakan kepadatan penduduk yang semakin meningkat namun tidak dibarengi dengan pemenuhan lahan.

Tips Membangun Rumah Idaman

Setelah mengetaui berbagai jenis atau type rumah kiranya ada sedikit tips mengenai rumah idaman.

Dalam membangun sebuah rumah, anda tidak boleh melakukannya secara asal-asalan melainkan dengan mempertimbangkan banyak hal sebelumnya. Salah satu hal tersebut adalah konsep rumah. Dalam mematangkan konsep, anda bisa meminta saran para arsitek yang tentunya telah berpengalaman dan ahli di bidangnya. Arsitek membantu anda dalam melakukan pembangunan rumah yang baik sesuai dengan anggaran  yang dipunya.

Sebelum membuat rumah anda harus mempersiapkan sejumlah anggaran yang dibutuhkan. Meski saat eksekusi biaya yang dikeluarkan kadang tidak sama dengan biaya perkiraan, namun setidaknya anda telah menyiapkan kisaran pengeluaran biaya sebelumnya. Memperkirakan kisaran biaya bisa dihitung dari biaya pembuatan desain, pembuatan instalasi listrik, bayar tukang, IMB, perairan dan lain-lain.

Dalam membuat rumah sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Pemilihan bahan memiliki pengaruh yang cukup erat dengan kualitas serta keawetan dari rumah yang dibangun. Semakin bagus bahan yang dipilih semakin bagus pula kualitas bangunan yang dibuat.

Bagi anda yang ingin membuat rumah ada baiknya mengenal type-type bangunan untuk perumahan. Dengan mengenal type-type rumah, anda bisa membuat rumah idaman sesuai dengan budget yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *