Konstruksi, Tips & Trik

Prospek dan Peluang Kerja Teknik Sipil Dalam dan Luar Negeri

Prospek dan Peluang Kerja Teknik Sipil Dalam dan Luar Negeri

Prospek dan Peluang Kerja Teknik Sipil

Teknik sipil adalah ilmu kuliah yang mempelajari bagaimana cara merancang, membangun dan merenovasi bangunan atau tempat umum demi kepentingan bersama. Ruang lingkup teknik sipil sangatlah luas meliputi ilmu kimia, fisika, geologi, lingkungan, matematika hingga komputer. Teknik sipil dikembangkan sesuai dengan pergerakan serta tingkat kebutuhan manusia yang kini makin beragam.

Banyak dari kita yang masih kebingungan membedakan antara teknik sipil dengan arsitektur. Jika arsitektur fokus pada perancangan bentuk, efisiensi serta kegunaan bagunan, maka teknik sipil akan menjadi eksekutor dari rancangan yang telah dibuat oleh arsitek tersebut.

Bicara mengenai teknik sipil hampir berhubungan dengan dunia profesi dalam dunia konstruksi maupun proyek di lapangan

Penjelasan pada artikel ini tidak membahas mengenai berapa gaji teknik sipil maupun gaji teknik sipil vs arsitektur apalagi membahasa mengenai salary pada perusahan-perusahaan BUMN seperti Pertamina dan Badan Usaha Milik Negara lainnya.

Disini juga kami tidak memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan dalam bidang teknik sipil, informasi ini hanya sekedar membahas seputar prospek pekerjaannya saja, sebagai bahan pertimbangan bagi mereka yang baru lulus maupun fresh graduate

Ragam Peluang-Peluang Kerja Dalam Teknik Sipil Dalam dan Luar Negeri

Lapangan pekerjaan bagi lulusan teknik sipil sangatlah beragam. Mereka dapat bekerja di perusahaan konsultan, kontraktor hingga Pegawai Negeri Sipil. Berikut ini merupakan peluang-peluang kerja dalam teknik sipil dalam dan luar negeri yang bisa dicoba.

  1. Program atau proyek pembangunan
    Lulusan teknik sipil dapat bekerja dalam sebuah rencana pembangunan seperti jalan tol, jalan raya, rumah sakit, jembatan, bendungan dan lain-lain. Indonesia sendiri tengah menggencarkan pembangunan infrastruktur di seluruh negeri, sehingga membuka banyak kesempatan kerja bagi teknik sipil.
  1. Perusahaan tambang
    Perusahaan tambang menjadi salah satu peluang bagi lulusan teknik sipil dalam berkarir. Meski demikian melamar pekerjaan di pertambangan tentu tidak mudah. Ada serangkaian tes yang harus dihadapi pelamar jika tertarik ingin masuk. Bagi karyawan baru, umumnya mereka akan ditempatkan di lapangan seperti di Kalimantan dan Papua. Namun jika berprestasi, maka tidak menutup kemungkinan akan diangkat dan bekerja di kantor pusat. 
  1. Mejadi kontraktor
    Peluang kerja teknis sipil yang selanjutnya adalah menjadi kontraktor. Pada masa kuliah, mahasiswa jurusan ini mempelajari banyak hal mengenai teknologi bahan bangunan, struktur kayu, struktur beton, mekanika tanah, manajemen proyek dan lain-lain. Mahasiswa teknik sipil juga mempelajari beragam program yang berkaitan dengan jurusannya seperti halnya autocad. Dengan keahlian tersebut, lulusan teknik sipil dapat menempati posisi site engineer, drafter, estimator dan structural engineer di bidang pembangunan.
  1. Konsultan proyek
    Konsultan proyek menjadi peluang-peluang kerja dalam teknis sipil dalam dan luar negeri yang selanjutnya. Seorang konsultan proyek membantu melakukan peninjauan dari sisi keilmuan saja. Ia tidak turun secara langsung di lapangan. Seorang konsultan proyek bertugas memberikan pertimbangan pada klien yang tengah mengerjakan proyek.
    Konsultan proyek dapat memberikan saran mengenai pemilihan bahan kontruksi yang baik, bentuk bangunan, aspek keselamatan para pekerja hingga dampak apa saja yang mungkin timbul dari proyek yang dikerjakan.
  1. Seorang Dosen
    Mahasiswa teknik sipil dapat pula menjadi seorang dosen di sebuah perguruan tinggi. Peluang ini terbuka cukup lebar mengingat negara kita masih jarang ditemukan seorang yang ahli dalam bidang sipil.  Mahasiswa teknik sipil dapat memenuhi kebutuhan beberapa instansi perguruan tinggi baik swasta ataupun negeri yang membuka jurusan terkait.
    Untuk melamar pekerjaan sebagai dosen sebaiknya memiliki IPK yang tinggi atau cumlaude. Semakin baik nilai yang dimiliki maka kesempatan menjadi dosen pun semakin lebar.
  1. Menjual jasa secara online
    Perkembangan teknologi terutama di bidang internet kian hari sangatlah pesat. Hal ini membantu banyak orang bukan hanya dari segi komunikasi, pengetahuan melainkan juga pekerjaan. Bagi mahasiswa teknik sipil, mereka dapat menjual jasa berupa skill serta pengetahuan mereka secara online.
    Langkah awal membuka jasa melalui sistem online dapat dilakukan dengan cara membuat website pribadi. Anda dapat melakukan promosi melalui website yang telah dibuat. Lakukan promosi secara baik dengan menonjolkan skill serta pengetahuan yang anda miliki agar peminat jasa juga tinggi.
  1. Pegawai Negeri Sipil
    Peluang-peluang kerja dalam teknis sipil dalam dan luar negeri selanjutnya adalah sebagai Pegawai Negeri Sipil. Sebagai PNS, mahasiswa jurusan sipil dapat bekerja di kementrian umum (PU). Kementrian Umum mengurusi bidang yang berkaitan dengan pembanguan fasilitas serta infrastruktur negara.
    Bukan hanya bekerja di kementrian PU, lulusan teknik sipil dapat pula bekerja di badan-badan pemerintah seperti Pertamanan Kota, Departemen Sumber Daya Manusia, Badan Perencanaan Nasional, Perencanaan Daerah dan Dinas Tata kota. Cukup banyak peluang kerja bagi jurusan sipil sebagai PNS, sehingga mempermudah lulusan dalam mendapatkan pekerjaan.
  1. BUMN
    Lulusan teknik sipil bisa juga merambah pekerjaan di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Beberapa BUMN yang membuka peluang bagi jurusan teknik sipil adalah Waskita Karya (bangunan dan gedung), Cipta Karya (perencanaan) atau bisa juga di Hutama Karya (jalan dan jembatan).
  1. Bank
    Bukan hanya lulusan akuntasi atau ekonomi saja yang bisa memasuki instansi bank namun jurusan teknik sipilpun memiliki kesempatan yang sama. Lulusan teknik sipil dapat bekerja di badan keuangan atau Bank sebagai penganalisa visibilitas proyek yang melibatkan urusan peminjaman dana untuk pembuatan sarana dan prasarana gedung dan lain-lain.
    Peluang-peluang kerja dalam teknik sipil dalam dan luar negeri cukup beragam. Hal penting yang harus dilakukan saat mencari pekerjaan adalah dengan menemukan dimana passion kita berada. Bekerja sesuai passion membantu kita untuk selalu bersemangat dalam bekerja sehingga pekerjaan dapat terasa menyenangkan.

Demikian penjelasan mengenai prosepek-prospek pekerjaan dalam bidang teknik sipil, artikel ini sekedar bagian dari referensi dan tidak menjadi ketentuan secara khusus. bisa saja peluang lain dapat ditemukan pada bidang-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *