Konstruksi

Peran dan Manfaat Komputerisasi dalam Dunia Konstruksi

Peran dan Manfaat Komputerisasi dalam Dunia Konstruksi

KOMPUTERISASI DALAM DUNIA KONSTRUKSI

Komputerisasi dalam dunia konstruksi bukan hal yang baru lagi. Nampaknya, bidang ini sudah tak bisa lagi dilepaskan dari pekembangan teknologi dan informasi. Karena setiap perencanaan dan juga juga pelaksanaan konstruksi tidak bisa lepas dari penggunaan dari komputer untuk memperlancar setiap proyek.

Manfaat Komputerisasi dalam Konstruksi

Contoh manfaat dari komputerisasi dalam konstruksi ialah dalam perhitungan-perhitungan yang suit dilakukan secara manual. Dalam dunia teknik sipil dna konstruksi, pastinya butuh perhitungan yang rumit dan komplek dan membutuhkan presisi tinggi yang tak mungkin dilakukan tanpa bantuan komputer. Seperti halnya dalam tahap penelitian dan juga riset sebelum sebuah proyek dimulai, maka perhitungan biasanya akan sangat rumit dan akan dilakukan dengan bantuan komputer.

Dalam ilmu teknik, komputerisasi mencakup beberapa bidang, meliputi: elektronika, teknik bangunan, dan juga teknik sipil. Untuk lebih jelasnya, berikut ini uraian singkat tentang penerapan komputerisasi dalam dunia konstruksi:

  • Manfaat komputerisasi dalam bidang elektronika
    Dalam sebuah proyek konstruksi, maka bidang elektronika akan selalu terlibat. Apalagi banyak teknologi dan juga mesin yang terlibat di dalamnya. Dalam bidang elektronika, kecepatan dan ketepatan komputer akan sangat berperan dalam pengolahan data. Hal ini bisa dibantu dengan adanya aplikasi khusus teknik elektronika.

    Contoh penerapannya ialah dalam membuat model reactor nuklir. Semuanya bisa dibuat lewat komputer, tidak perlu membuat  model secara manual yang lebih sulit apalagi ukuran presisinya tidak akan bisa sangat tepat jika dilakukan dengan mengambar memakai tangan manusia. Maka komputer dibutuhkan dalam bidang yang terkait dengan konstruksi ini.

    Contoh lainnya ialah untuk membuat model-model dari berbagai molekul. Hasil dari visual ini bisa dilihat secara langsung dari layar komputer yang akan membantu para engineer untuk menghasilkan perencanaan proyek yang terbaik.

  • Manfaat komputerisasi dalam bidang teknik bangunan
    Seperti dalam bidang lainnya, komputer dalam bidang teknik bangunan akan berguna dalam perhitungan dan menyediakan desain gambar bangunan yang sesuai dengan rancangan yang diharapkan dengan presisi yang sangat tepat. Selain itu, pembuatan data, pengolahan dan juga evaluasinya semua pengerjaan proyek bisa juga dibantu dengan komputer.

    Saat ini komputerisasi dalam dunia konstruksi juga meliputi adanya aplikasi program komputer.  Semua ini tak lepas dari perkembangan dunia teknologi dan juga dunia digital yang sangat pesat. Semua aplikasi ini membantu menyelesaikan masalah yang muncul karena danya hambatan dalam merancang desain.

    Sebagai contohnya ialah pengujian kekuatan dari sebuah struktur menggunakan material yang baru, merancang pemodelan dari aliran sungai, perancangan proyek konstruksu reactor nuklir, pembangunan bendungan, dan berbagai proyek lainnya dalam dunia konstruksi dan juga teknik bangunan.

  • Manfaat komputerisasi dalam bidang teknik sipil
    Dengan adanya komputerisasi dalam dunia konstruksi, maka memungkinkan engineer dapat menyelesaikan pekerjaan mereka. Contoh yang paling mudah ditemui ialah dalam pembuatan desain konstruksi yang akan lebih cepat selesai jika dikerjakan dengan komputer dan bantuan berbagai aplikasi yang saat ini mudah ditemui.

    Bukan hanya cepat, namun pengerjaan dengan aplikasi membantu mereka menyelesaikan pekerjaan dengan lebih akurat dan juga efektif, karena banyak aplikasi yang bisa digunakan secara gratis dengan berbagai kemudahan yang diharapkan.

    Aplikasi, software atau perangkat lunak dalan dunia konstruksi khususnya teknik sipil juga telah banyak ditemukan dan bisa diakses dengan mudah. Ada pula jenis software yang dibuat khusus membatu perencanaan sebuah proyek. Contoh software ini ialah LDD atau Land Dekstop Development yang biasa dipakai oleh para engineer untuk pembuatan perencanaan jalan raya.

    Ada pula SAP90 untuk membantu perencanaan konstruksi jembatan. Selain kedua software tersebut, masih banyak lagi softwaryang dibuat dan bermanfaat oleh semua engineer dalam menyelesaikan setiap proyek yang mereka kerjakan.

Demikianlah peran dari sebuah komputerisasi di dunia konstruksi. Perkembangannya tak lepas dari adanya teknologi yang makin maju saat ini, terutama untuk membantu proses pengolahan data hingga bisa memberikan kemudahan bagi  engineer dan semua orang yang bergerak di bidang ilmu sipil.

Teknologi komputerisasi ini juga meliputi teknologi informasi yang tak bisa dilepaskan dari berbagai bidang dalam ilmu sipil, termasuk dalam penggunaan alat elektronika. Semua fungsi dari informasi ini sangat komplek, meliputi penyimpanan data, analiasa data, dan juga mendistribusikan informasi dalam bentuk kata, bilangan dan gambar.

Sistem informasi ini sebagai contohnya ialah perangkat lunak Microsoft Project yang berfungsi dalam pengolahan data menjadi informasi-informasi yang di dalamnya ada berbagai data, meliputi: waktu proyek, biaya, dan juga data tenaga kerja.

Kelancaran dalam pelaksanaan proyek konstruksi dari awal hingga akhir sangat bergantung pada penggunaan teknologi komputerisasi dan informasi yang ada. Keduanya tak lepas dari adanya internet.

Karena komputerisasi dalam dunia konstruksi akan maksimal perannya dengan adanya akses internet yang cukup canggih saat ini dan mudah diakses siapa saja dan di mana saja. Terlebih dalam teknologi informasi, peran internet tak akan bisa dipisahkan dari segala aktivitas para engineer dan semua yang terlibat dalam proyek. Trend ini memudahkan siapa saja mendapatkan informasi terbaru terupdate mengenai pengerjaan proyek yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *