Konstruksi, Tips & Trik

Software untuk Dunia Konstruksi dan Teknik Sipil

Software untuk Dunia Konstruksi dan Teknik Sipil

Software dalam Dunia Konstruksi

Dalam pelaksanaan suatu proyek maka dibutuhkan manajemen yang tepat. Hal ini sangat penting untuk mengelola resiko, memaksimalkan potensi tim, menciptakan perencanaan yang tepat dan mampu melakukan proyek sesuai tahapan yang tepat.

Perangkat lunak atau aplikasi dalam dunia konstruksi tentunya mengambil peran penting dalam pemanfaatan komputerisasi guna menujang kemudahan, ketepatan dalam implementasi berbagai kegiatan yang berhubungan dengan teknik sipil

Untuk mendukung kesemuanya itu, maka konstruksi pada jaman sekarang didukung dengan software-software untuk konstruksi yang kini banyak digunakan para insinyur teknil sipil.

Perlu diketahui bahwa proses pengadaan bangunan maupun kosntruksi harus melalui berbagai tahapan yang tidak simple. Proses ini dimulai dengan proses pelelangan, tahapan pelaksanaan proyek konstruksi, dan juga tahapan evaluasi.

Semuanya merupakan tahapan manajerial yang jika penghitungan dilakukan dengan tepat maka bisa membantu melakukan perhitungan yang tepat pula baik waktu pengerjaan maupun biaya yang akan dikeluarkan.

Untuk semua proses ini, maka sekarang para insinyur sudah bisa memanfaatkan berbagai perangkat lunak yang bisa membantu setiap tahapan konstruksi yang ada dalam proyek. Saat ini pun, kontraktor sudah banyak menilik pentingnya penggunaan software tersebut untuk membuat kinerja lebih efektif dan efisien.

Manfaat Software-software untuk Dunia Kontruksi

Fakta membuktikan bahwa saat ini banyak pengembang perangkat lunak yang mengembangkan produk mereka untuk membantu para kontraktor atau mereka yang berada di proyek konstruksi untuk mempermudah setiap manajemen proyek yang ada.

Ada pula software khusus yang membnatu dalam proses manajerial proyek, seperti untuk melakukan proses penawaran, penjadwalan, perencanaan kerja, melakukan control hingga melakukan evaluasi kerja.

Dari beberapa hasil penelitian yang ada, didapat fakta bahwa pemakaian perangkat lunak atau software-software untuk konstruksi akan membantu meningkatkan kinerja si pemakai. Semua proses dapat terintegrasi dalam perangkat lunak yang ada.

Meksipun kenyatannya belum semua kontraktor mampu memanfaatkan teknologi ini karena beberapa alasan, seperti kurangnya pengetahuan dalam teknologi informasi yang ada.

Padahal, software-software untuk konstruksi mampu membantu mengintegrasikan semua tahapan konstruksi baik manajamen, pelaksanaan hingga evaluasinya. Semua kegiatan dan tahap konstruksi bisa dilakukan dengan lebih cepat dan juga akurat dengan perangkat lunak ini.

Contoh dalam perencanaan pembuatan jembatan, beton precast u ditch, box culvert dan lain sebagainya, dalam pengukuran dan perancangan besi-besinya sudah barang tentu menggunakan aplikasi atau software.

Contohnya lainnya ialah pada tahap penawaran, ada software yang memang dirancang untuk membantu kontraktor membuat penawaran meliputi: harga satuan bahan dalam konstruksi,  harga satuan untuk upad, serta koefisien analisis pekerjaan. Semuanya dapat dievaluasi dengan cukup tepat dan akurat dengan pernagkat lunak yang ada.

Contoh Software-software untuk Konstruksi

Dalam dunia teknik sipil, saat ini semua peran di dalamnya dapat dibantu dengan adanya software-software untuk konstruksi yang dapat membantu setiap proses dan tahapan di dalamnya. Berikut ini kita akan mengenal beberapa jenis software yang sering dipakai dalam kegiatan konstruksi:

  1. Autocad
    Inilah software yang sering digunakan oleh mereka yang bergelut dengan pekerjaan teknik sipil. Milik perusahaan Autodesk Software ini membantu engineer untuk menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi yang memudahan setiap pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi. Software ini banyak memberi manfaat pada bidang perancangan interior, masin, arsitek, dan berbagai desain lain.
    logo AutoCad
  1. Google Sketch Up
    Masih berhubungan dengan desain, software ini membantu engineer dalam membuat desain  yang lebih tepat dan akurat. Tentunya dengan cara yang lebih efisien. Software ciptaan google ini mampu melakukan perancangan atau pemodelan berupa 3 dimensi dengan tools yang mudah digunakan.
    Logo Sketchup
  1. SAP 2000
    Selain software-software untuk  konstruksi di atas, dalam dunia teknik sipil, mereka akrab juga dengan software berupa SAP 2000. Software ini merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk membantu menganalisis struktur dalam konstruksi. Penggunaannya bisa membantu engineer dalam menganalisis desain, struktur statik maupun dinamik, juga menyediakan metode interface.
    Logo SAP2000
  1. Vectorwork Architect
    Masih berhubungan dengan dunia desain dalam konstruksi, aplikasi yang satu ini berguna dalam menghasilkan pemodelan informasi gedung dalam konstruksi. link Vectorwork Architect
    logo Vectorwork Architect
  1. ArchiCAD
    Software yang satu ini adalah salah satu yang terbaik untuk membantu mempresentasikan desain dalam 2 dimensi maupun 3 dimensi. Uniknya, gambar 2D yang ada bisa diubah menjadi 3D. Produk ini ialah keluaran dari Graphisoft yang telah memiliki konsultan di Indonesia hingga bisa dipertimbangkan untuk dipakai dalam kebutuhan professional dunia konstruksi.
    Logo ArchiCad
  1. 3DS Max
    Perangkat lunak ini digunakan untuk melakukan program modellung dengan lebih mudah dan cepat serta akurat. Pemanfaatan lainnya ialah untuk proses rendering maupun proses animasi. Dengan majunya teknologi perangkat lunak ini maka engineer bisa mempresentasikan hasil karya mereka dengan sangat realistic hingga meningkatkan value dari desain yang ditampilkan.
    Logo 3DS Max
  1. Revit Architecture
    Seperti beberapa software-software untuk konstruksi ainnya, Revit Architecture juga dikembangkan oleh Autodesk. Perangkat lunak ini cukup popular di kalangan desainer karena mampu membuat model atau desain dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi dnegan kecepatan kinerja yang cukup tinggi.
    logo Revit Architecture

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa software-software untuk konstruksi bukan hanya membantu dalam kegiatan manajerial proyek saja, namun juga untuk pembuatan desain dan remodeling yang sangat membantu setiap kegiatan engineer.

Maka dari itulah, tidak heran jika berbagai proyek yang dilakukan oleh kontraktor sudah memanfaatkan perangkat lunak  untuk membuat kinerja mereka lebih efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *