Alat

Kenali Gangway dan Fungsi Untuk Kapal dan Dermaga

Kenali Gangway dan Fungsi Untuk Kapal dan Dermaga

Gangway merupakan salah satu peralatan penting pada pelabuhan dan kapal. Penggunaan gangway juga dijadikan sebagai tangga akomodasi. dalam materi ini kami akan ulas mengenai bagaimana Peran dan Pentingnya Gangway pada Kapal     

Dalam duni kelautan gangway salah satu peralatan yang wajib ada di dalam kapal maupun dermaga. Hal ini dikarenakan penggunaan alat tersebut untuk membantu seseorang yang akan berangkat maupun turun dari kapal.

Kebutuhan tangga ini sangat penting untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpang maupun awak kapal. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui informasi berkaitan dengan gangway meliputi, definisi, jenis-jenis dan penggunaannya.

Apa Itu Gangway?

Gangway atau tangga akomodasi difungsikan untuk membantu seseorang yang ingin memasuki maupun keluar dari maupun menuju kapal maupun perahu. Secara teknis tanggan ini merupakan jalan yang dianggap halus dan miring.

Pada kapal gangway biasa dipakai untuk penumpang maupun kru sebagai jalan masuk maupun keluar kapal dan terkadang juga dimanfaatkan untuk bongkar muat kargo pengguna

Macam-Macam Gangway yang Sering Digunakan pada Kapal

Penggunaan gangway dapat mempermudah keluar-masuknya penumpang dan staff. Selain itu, tangga ini terdiri atas berbagai jenis bahan diantaranya meliputi :

Jenis Gangway

Beam Brow Fiberglass Gangway

Model gangway ini dibuat dari bahan fiberglass. Ukuran lebar dari gang ini memiliki ukuran sekitar 24 kaki dan pembuatannya dirancang untu memenuhi kapal yang dipakai untuk aktivitas perang. Fitur dari gangway ini berupa pegangan yang dapat dilipat dan bagian permukaannya benar-benar tidak tergelicir.

Baca juga:

Harga H Beam
Jasa Konstruksi Baja

Beam Brow Aluminium Gangway

Tanggan ini dibuat dari bahan aluminium dengan perangkaiannya dilakukan secara pengalasan dan cukup tahan lama. bagian dari permukaan gangway tetap halus dan tidak terakumulasi oleh air.

Perancangan tangga ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan kapal dari beragam ukuran, sehingga setiap orang dapat menentukan pilihan untuk aluminium  tangga pada kapal.

Truss Brow Aluminium Gangway

Tangga ini dibuat dari aluminium sesuai dengan kebutuhan standar industri yang dibutuhkan dan perancangan untuk melengkapi kebutuhan kapal dari keseluruhan ukuran.

Baca juga:

Jetty Dermaga

Jalan dari tangga ini terlihat kasar, sehingga orang-orang dapat berjalan dengan kondisi tidak slip.

Aluminium Gangway

Penggunaan gangway ini dibuat dari bahan aluminium untuk pemakain rel dan dapat dilipat, sehingga pemakaian alat dapat disimpan menjadi lebih mudah. Permukaan aluminium yang digunakan pada gangway bersifat kasar sehingga dapat meningkatkan keselamatan dan terhindar dari masalah akumulasi air.

Light-Duty Gangways

Penggunaan gangway ini dibuat dari bahan aluminium dan baja. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut cenderung ringan dalam berat dan dipakai untuk pelabuhan perumahan. Bahan yang digunakan memberikan kepastian bahwa tidak terjadi korosi.

Baca juga:

Harga Beton Ready Mix

Fitur lain dari tangga akomodasi ini adalah tangga ini mempunyai pegangan tangan dilipat sehingga memberikan kemudahan untuk penyimpanan gang. Selain itu, biaya yang dibutuhkan cenderung terjangkau.

Medium-Duty Gangways

Penggunaan gangway biasa dipakai untuk pelabuhan-pelabuhan swasta maupun perumahan dengan harga terjangkau. Bahan yang dipakai untuk pembangunan gangway menengah yang dibuat dari bahan aluminium dan baja. Penggunaan kedua bahan tersebut memberikan penawaran daya tahan dalam jangka waktu panjang untuk jalan.

Heavy Duty Gangways

Penggunaan gangway ini juga biasa dipakai untuk pelabuhan swasta yang mempunyai pelayaran kapal feri maupun jenis kapal lainnya. Pemakaian tangga ini dapat dibuat dari aluminium dan baja dan memberikan penyesuaian standar ISO yang diperlukan.

Proses perancangan jalan tersebut memberikan keumngkina kepada orang untuk keluar maupun masuk secara aman. Gangway juga  berguna untuk keluar masuk menjadi lebih mudah

Peran Penting Penggunaan Gangway pada Kapal

Pemakaian tangga akomodasi atau gangway perlu memperhatikan beberapa cara pemasangannya, diantaranya sebagai berikut :

  • Memastikan semua orang yang ingin ikut pemasangan dapat memanfaatkan PPE atau perlengkapan untuk melindungi diri. beberapa perlindungan tersebut dapat meliputi, rompi atau jaket apung maupun tali kait.
  • Menyalakan sumber listrik atau energi motor sebagai penggerak
  • Melepaskan tali pengkat yang dimanfaatkan untuk mengikat tangga saat tangga dalam keadaan tersimpan
  • Hal tersebut dapat ditimbulkan adanya penyangga atau spring buffer, pada mulanya tangga dalam keadaan datar atau horizontal. Maka setelah itu, Anda dapat menurunkan tangga hingga mencapai 2 meter pada bawah lengan penggantung.
  • Pada keadaan itu Anda dapat melakukan pemasangan pagar pengaman atau handrail dengan melakukan pemasangan stensi atau tiang pagar pegangan dapat dimulai dari bgian platform atas.
  • Posisi tersebut dapat berlanjut ke bagian bawah dan terhubung dengan pagar pegangan pada bagian platform atas. Selanjutnya pemasnagan dapat diteruskan ke bagian bawah tangga.
  • Setelah itu, pemasangan jaring pengaman atau pelindung pada bagian bawah tangga
  • Apabila diperlukan Anda dapat memposisikan ujung tangga pada bagian bawah pada dermaga sesuai dengan yang Anda inginkan menggunakan poros bertenaga listrik.

Baca juga:

Jual Saluran U Ditch

Itulah beberapa infomasi permakaian gangway yang biasa dipakai pada pelabuhan dan kapal. Pemakaian gangway memiliki peran penting untuk membantu penumpang maupun staff keluar masuk kapal secara aman.

Itulah beberapa infomasi permakaian gangway yang biasa dipakai pada pelabuhan dan kapal. Pemakaian gangway memiliki peran penting untuk membantu penumpang maupun staff keluar masuk kapal secara aman.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.