Material

Apa itu Polyurethane Spray Insulation dan Pengaplikasiannya

Apa itu Polyurethane Spray Insulation dan Pengaplikasiannya

Sobat MSK kali ini kami coba ulas mengenai Polyurethane Spray Insulation baik dari segi keunggulan yang banyak diminati oleh para pengembang berikut akan mengetahui definisi, pengaplikasian, dan keunggulannya.

Polyurethane Spray Insulation merupakan salah satu inovasi teknologi insulasi terbaik menggunakan sistem perlindungan bangunan yang mutakhir.

Spray insulasi pufoam mampu menghasilkan nilai efisiensi terhadap penggunaan listrik. Selain itu, juga mampu polyurethane menahan panas yang masuk ke dalam bangunan menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan sistem konvensional insulasi secara umum.

Definisi Polyurethane Spray Insulation

Polyurethane Spray Insulation ialah busa keras hasil dari reaksi polyol dengan senyawa aditif lain. Cara pemakaiannnya adalah dengan disemprot atau spray memakai alat khusus yang dapat mengembang lebih besar daripada ukuran aslinya.

SPF ini biasanya dimanfaatkan oleh jasa konstruksi. SPF tersebut bisa Anda pasang maupun diletakkan pada media atap, plafon maupun dinding bangunan.

Bahan SPF nantinya akan dilakukan penyemprotan dengan memakai alat khusus yang menjadikannya lebih tahan lama dan tahan terhadap getaran serta suhu panas ruangan. SPF dianggap efektif untuk melakukan penyekatan suhu yang mampu membuat suhu dingin menjadi lebih lama. Hal ini bisa terjadi karena pori-pori penghantar panas tertutup oleh foam.

Tidak heran jika kemudian suhu panas dari luar juga tidak dapat masuk ke dalam ruangan dan mampu menjadikan suhu ruangan lebih stabil. Berguna tidak hanya pada musim panas namun juga musim dingin. SPF dapat menstabilkan suhu ruangan lebih baik.

Keunggulan Polyurethane Spray Insulation

Polyurethane Spray Insulation diminati oleh para pengembang maupun pemilik propeti sebagai bahan insulasi peredam panas paling efektif dan efisien. Secara khusus, Polyurethane spray foam disemprotkan secara langsung pada media yang akan dilakukan insulasi.

Adapun keunggulan dalam penggunaan polyurethane SPF antara lain adalah pekerjaan menjadi lebih cepat, dapat diaplikasikan secara vertikal maupun horisontal, tidak bau, tidak berdebu, ringan, awet, anti rayap dan tahan lama.

Pemakaian spray dapat secara langsung diaplikasikan pada media. Tidak perlu khawatir karena produk ini memiliki daya lekat baik, sehingga tidak mengalami rontok.

Baca juga:

Produk Insustri Konstruksi
Kegunaan Polyurethane Spray Insulation

Pengaplikasian Polyurethane Spray Insulation

Proses pengaplikasian Polyurethane Spray Insulation Foam mampu dimanfaatkan pada berbagai bidang seperti yang berikut ini :

Perumahan

Polyurethane Spray Insulation biasa dimanfaatkan oleh para developer perumahan sebagai solusi waterproofing pada bagian atap. Insulasi tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai penahan panas dan peredam suara dari berbagai jenis kebisingan jalan raya maupun bising antar ruangan.

SPF juga memiliki kemampuan untuk melindungi pondasi pada atap maupun plafon dari berbagai masalah rayap atau korosi. Beberapa contoh pengaplikasiannya meliputi, ruangan komersial, ruang apartemen, home theater maupun rumah tinggal.

Gedung Komersial

Pemakaian SPF ini memiliki nilai efektivitas sangat baik untuk kebutuhan pengaplikasian guna sistem insulasi panas pada gedung komersial. Sebagai contoh adalah di perkantoran maupun pusat belanja. Hasil yang diperoleh dari pengaplikasian tersebut ialah hemat biaya listrik.

Keuntungan penggunaan Polyuretahne spray lainnya adalah penerapannya yang terbilang cepat. Bisa digunakan di gedung kantor, hotel, gedung olahraga, rumah sakit, universitas, ballroom, convention, hall, apartment, shopping mall, karoseri, karaoke room, music studio, restaurant, gedung bioskop, rumah ibadah dan pub / diskotik.

Baca juga:

Roof Thermal Insulation

Industri

Proses pengaplikasian Polyurethane Spray Insulation dapat diterapkan pada kawasan industri. Khususnya, industri yang memerlukan peredam panas seperti industri pemrosesan makanan maupun industri yang ingin menghemat pemakaian listrik karena pemborosan dari AC.

Beberapa contoh penerapannya di bidang industri antara lain adalah cold storage, tangki chiller, gardu listrik, tangki storage atap dan atap.

Industri Oli dan Gas

Pengaplikasian Polyurethane foam pada Spray Insulasi dapat dimanfaatkan sebagai peredam dan keamanan pada sistem pipa maupun pipa yang berada di bawah laut. Hal tersebut dapat memperkecil kemungkinan adanya kebocoran 100 persen. Contoh pengaplikasiannya meliputi, submerge pipe, jembatan, container dan kapal.

Pemakaian Polyurethane spray insulation dapat dimanfaatkan sebagai peredam panas, suara, kelembapan, kondensasi dan lainnya. Pemakaian polyurethane tersebut cenderung hemat listrik.

Tidak hanya itu, penggunaan SPF juga bersifat waterproofing yang dapat diaplikasikan dengan cara spray langsung ke media insulasi tanpa adanya cela. Selain itu, perawatan dari polyurethane spray insulation tersebut cenderung mudah dan dianggap paling efektif dalam menahan suhu secara lebih awet dan tahan lama.

Demikian penjelasan mengeai PSI atau Polyurethane Spray Insulation sebagai bahan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat untuk anda sobat MSK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *