Konstruksi

Kenali Kelebihan Ribbed Slab

Kenali Kelebihan Ribbed Slab

Inilah Kelebihan Ribbed Slabs yang Patut Diketahui – Untuk membuat konstruksi bangunan maka diperlukan berbagai elemen serta berbagai bahan tertentu agar membuat sebuah bangunan menjadi lebih kokoh. Selain itu, bentuk bangunan juga akan lebih terlihat baik dan rapi jika teknik yang digunakan serta bahan-bahan yang dipilih sangat tepat dan sesuai.

Salah satu contoh konstruksi bangunan ialah adanya bangunan bertingkat yang membutuhkan pondasi khusus untuk membuatnya menjadi beberapa lantai. Untuk beberapa keperluan tempat atau fasilitas umum yang cukup luas seperti laboratorium dan Rumah Sakit diperlukan lantai serta pondasi khusus terutama jika bangunannya terdiri dari beberapa tingkat.

Salah satu komponen yang diperlukan ialah Ribbed Slabs. Benda ini merupakan sebuah pelat yang seringkali disebut juga dengan waffle slab. Pelat tersebut memiliki kondisi yang lebih ringan dan kaku dibandingkan pelat datar yang umum digunakan. Hal ini dapat mengurangi luas fondasi sehingga bentuk konstruksi bisa lebih baik.

Komponen yang satu ini memiliki kelebihan dalam segi penggunaannya sehingga sangat direkomendasikan untuk dipilih untuk membuat konstruksi bangunan. Kelebihan ini juga perlu Anda ketahui sebelumnya agar tidak terjadi kekeliruan dalam pemilihannya.

Baca juga:

Komponen Pondasi Bangunan

Fleksibel

Komponen ini merupakan pelat berusuk yang terbuat dari balok pita lebar yang berada di antara kolom dengan rusuk sempit yang membentang secara ortogonal. Bahan yang digunakan serta penyusunannya yang dibuat secara ortogonal membuat pelat ini bisa bersifat fleksibel sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Rusuk dan balok yang dipasang memiliki kedalaman yang sama sehingga bentuknya bisa lebih rapi. Hal ini membuatnya otomatis bisa lebih fleksibel dengan bentuknya yang lebih rapi tersebut. Umumnya Ribbed Slabs ini sangatdirekomendasikan untuk digunakan karena berbentuk lembaran yang cenderung lebih dalam sehingga jenis bangunan apapun bisa digunakan.

Relatif Ringan

Lempengan ini memiliki ukuran yang cukup tipis yang bisa melengkapi sistem yang digunakan pada sebuah konstruksi. Hal inilah yang membuatnya relatif lebih ringan dibandingkan jenis plat atau lempengan lainnya. Hal ini tentu membuat proses konstruksi dan pemasangannya relatif lebih mudah dan tidak terlalu membahayakan.

Jika Ribbed Slabs ini memiliki massa yang cukup berat maka proses pemasangan membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini otomatis berpengaruh terhadap biaya operasional yang dibutuhkan karena waktu yang diperlukan bisa lebih lama dibandingkan jika pelat ini cukup ringan untuk bisa dipasang dalam waktu yang cukup singkat.

Baca juga:

Struktur dan Penggunaan Kayu

Tahan Lama dan Tahan Api

Plat seperti ini cukup aman digunakan dalam konstruksi bangunan sebab memiliki sifat yang tahan lama dan juga tahan api. Hal ini akan membuat sebuah bangunan lebih aman dan tidak memiliki risiko terlalu tinggi terutama yang berhubungan dengan kebakaran. Kalaupun terjadi maka kebakaran tersebut tidak akan mudah menyebar ke tempat lain.

Sifatnya yang tahan api membuatnya lebih aman pada saat terjadi percikkan api atau sejenisnya di mana api tersebut akan bersifat lokal dan tidak mudah menyebar ke mana pun. Itulah mengapa banyak bangunan yang digunakan sebagai fasilitas umum yang menggunakan Ribbed Slabs untuk komponen konstruksi bangunannya karena bisa tahan lama dan juga tahan api.

Baca juga:

Harga Pagar Panel

Kokoh dan Ekonomis

Kelebihan lain pada komponen ini ialah lebih kokoh dan ekonomis. Meskipun cukup ringan dan terlihat tipis bahan tersebut lebih kokoh untuk digunakan sebagai pondasi dan bagian konstruksi bangunan. Bahan yang dipilih sangat sesuai dan kokoh untuk menunjang sebuah konstruksi yang lebih kuat.

Selain itu, sifatnya yang lebih ekonomis membuatnya lebih efisien dalam proses pemasangan maupun biaya produksi yang dibutuhkan. Hal ini tentu menjadi sebuah keuntungan tersendiri bagi pemilik konstruksi bangunan karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Biaya yang tersedia bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih penting dan memakan biaya besar. Itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan Ribbed Slabs untuk konstruksi bangunan. Bahan yang berkualitas serta komponen yang tersusun dengan baik perlu menjadi prioritas untuk menunjang sebuah konstruksi bangunan yang kuat dan kokoh. Selain itu bahan tersebut juga harus menunjang keamanan dan kenyamanan dari sebuah bangunan.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.