Konstruksi

Pengertian Cladding Keunggulan dan Bahan Pembentuknya

Pengertian Cladding Keunggulan dan Bahan Pembentuknya

Cladding merupakan salah satu teknik pelapisan pada konstruksi bangunan agar menjadi lebih menarik dan indah, Cladding dalam konstruksi bangunan merupakan salah satu teknik yang dianggap istimewa. Seperti yang diketahui, dalam membangun sebuah konstruksi terdapat beberapa teknik yang difungsikan untuk membantu meningkatkan maupun mengubah tampilan dari rumah. Salah satunya ialah cladding.

Mengenal Caldding Lebih Jauh

Membangun sebuah rumah idaman ialah salah satu hal yang dianggap memuaskan. Dengan memahami teknik dalam membangun rumah dapat membuat Anda berkreasi terhadap tampilan bangunan. Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membungan bangunan rumah menjadi lebih indah adalah dengan melakukan cladding.

Cladding merupakan salah satu jenis teknik dalam membangun konstruksi yang makin banyak diminati. Pada mulanya, pemakaian teknik cladding mulanya digunakan sekedar untuk membantu meningkatkan nilai estetika dari bangunan. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu pemakaian teknik tersebut banyak memanfaatkan cladding untuk melapisi bangunan.

Cara tersebut dapat mengatasi air dan berbagai jenis kelembaban lain masuk ke tembok yang dapat memicu kerusakan lapisan dalam termasuk cat.

Baca juga:

Mengenal Etabs

Keunggulan Teknik Caldding dalam Melapisi Bangunan

Teknik cladding dianggap populer lantaran memiliki berbagai jenis keunggulan. Berikut berbagai keunggulan teknik cladding dalam pengaplikasian bangunan maupun rumah tinggal:

  1. Pemasangan cladding pada rumah membuat secara otomatis kapabilitas struktural dari rumah lebih meninggal. Cladding yang terpasang secara baik dapat melindungi bagian dalam sebuah hunian dari berbagai bentuk materi baik padat maupun cair. Dengan keberadaan cladding, maka tembok pada bagian dalam rumah Anda akan nampak sulit untuk ditembus tingkat kelembaban.
  2. Cladding dapat membuat hunian lebih sedikit perawatan. Cat terluar rumah memerlukan perawatan yang dikerjakan secara rutin agar tidak mudah mengalami pemudaran.  Dengan menggunakan cladding, Anda dapat mempertahankan tampilan dari rumah Anda agar dapat tetap terlihat menarik dalam waktu lama.
  3. Cladding memiliki banyak jenis pengaplikasian. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan variasi tampilan dari rumah Anda agar bersesuaian dengan keinginan.
  4. Bagi Anda yang menempati daerah dingin, maka Anda dapat menggunakan cladding sebagai insulator panas yang dianggap baik. Selain itu, dapat membuat suhu dari ruangan Anda agar tidak mengalami banyak perubahan sehingga membuat hunian nyaman untuk ditempati.

Penggunaan caldding memang seringkali dipakai sebagai finishing eksterior dinding pada bagian luar bangunan komersial. Namun, caldding dapat digunakan untuk hunian rumah tinggal.

Baca juga:

Paving Block Hexagon

Jenis-Jenis Bahan Material Cladding

Terdapat banyak pilihan bahan material cladding yang ada di pasaran. Setiap bahan material memiliki karakteristiknya masing-masing, beberapa dantara dpaat meliputi:

  1. Bata
    Bata adalah salah satu jenis bahan material bangunan yang banyak dipakai. Tidak hanya harganya dianggap terjangkau, bata juga memiliki ketahanan sangat baik mengenai berbagai jenis kondisi cuaca yang beragam. Bata merupakan salah satu bahan material yang dimanfaatkan sebagai cladding.
    Bahan bata dipilih sebagai bahan material cladding karena dapat dimanfaatkan dalam waktu lama dan tidak mudah hancur. Selain itu, teksturnya unik. Hal itu membuat cladding dari bata banyak diminati.
  2. Kayu
    Salah satu bahan material alami yang digunakan lantaran memiliki tampilan alami. Kayu dapat dipakai menjadi berbagai bagian dalam kebutuhan konstruksi. Kayu juga salah satu bahan yang dianggap fleksibel untuk kebutuhan apa saja.
    Cladding juga terbuat dari bahan kayu bisa membuat tampilan dari rumah menjadi lebih menarik. Anda perlu memastikan pemakaian kayu yang tahan terhadap air. Hal tersebut agar proses cladding yang terpasang pada rumah dapat bertahan dalam jangka waktu lama dan tidak lapuk.
  3. PVC
    Salah satu bahan material cladding yang dibuat secara buatan dan memiliki ketahanan yang baik ialah PVC. Keunggulan dari PVC tersebut yakni, harga jualnya murah. selain itu, PVC memiliki usai pemakaian cenderung panjang dan tidak memerlukan perawatan rumit agar dapat terlihat menarik.
  4. Metal
    Bahan material metal dapat membuat penampilan rumah makin unik dan istimewa. Anda dapat memanfaatkan cladding yang dibuat dari baha metal maupun baja. Bahan baja memiliki ketahanan baik dan tidak mudah mengalami kerusakan jika terjadi perubahan cuaca.

Meskipun demikian, harga cladding yang terbuat dari baja relatif mahal. Hal itu, dapat membuat Anda harus merogoh kocek dalam guna membeli maupun memasang. Tidak hanya beberapa bahan material di atas yang dapat dimanfaatkan sebagai cladding. Penggunaan Semen Fiber juga bisa menjadi pilihan. Apabila Anda mempunyai budget terbatas dan ingin memasang cladding pada rumah, mana pilihan satu ini bisa Anda aplikasikan.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *