Konstruksi

Pengertian dan Jenis Rubber Fender

Pengertian dan Jenis Rubber Fender

Rubber fender merupakan sistem perlindungan untuk kapal dan dermaga untuk menghindari benturan. Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui tentang bumper ini seperti, definisi, sifat, keuntungan dan berbagai pilihan fender sesuai kebutuhan di lapangan. Selanjutnya di sini akan kami kupas mengenai apa saja keuntungan dan tipe-tipe Rubber Fender sebagai proteksi dermaga dan kapal?

Rubber fender merupakan salah satu bahan pelindung yang paling banyak digunakan untuk melindungi dermaga dari benturan keras saat berlabuh. Bahan dari alat pelindung ini berasal dari bahan karet.

Bahan material ini dikenal sebagai fender yang memiliki fungsi sebagai pertahanan. Tentunya, penggunaan fender sudah tidak asing pagi para pengelola industri kelautan. Terdapat beberapa informasi berkaitan dengan pelindung ini mulai dari keuntungan, definisi, jenis karet dan lain sebagainya.

Apa yang Perlu Anda Ketahui tentang Rubber Fender

Rubber fenderdapat dikenal sebagai marine fender atau dock fender merupakan sistem pencegahan kerusakan kapal saat berlabuh. Tidak hanya saat berlabuh saja, alat pelindung ini dapat membantu mencegah kerusakan akibat ombak besar dan angin kencang.

Untuk melindungi asset tersebut, pemakaian marine fender sangat direkomendasikan untuk pemasangan di tiap pelabuhan maupun dermaga. Dengan demikian, rubber fender dapat dikatakan sebagai bumper laut. Sistem ini sudah mulai banyak mengalami perkembangan sehingga penggunaannya semakin sempurna dan mudah.

Pada umumnya, kebanyakan masyarakat tidak terlalu mengamati bahwa kapal maupun perahu besar baik di danau maupun laut selalu memakai rubber fender. Biasanya, pemasangan tersebut diletakkan pada bagian permukaan maupun dinding luar kapal maupun dermaga.

Baca juga:

Gangway Dermaga

Keuntungan Penggunaan Rubber Fender

Pemakaian rubber fender memang ditujukan untuk melindungi kapal maupun dermaga dari kerusakan yang ditimbulkan oleh benturan keras saat kapal mendarat di pelabuhan.

Alat pelindung ini memiliki kemampuan untuk menyerap energi dan mengurangi gaya reaksi yang diperoleh dari abrasi. Selain itu keuntungan pemakaian fender dapat memperpanjang usia dan fungsi dermaga.

Sifat-Sifat Penggunaan Rubber Fender

Rubber fender atau fender dermaga memiliki peran penting untuk menjaga kapal maupun dermaga agar tidak mudah mengalami kerusakan. Hal tersebut dikarenakan rubber memiliki beberapa sifat diantaranya sebagai berikut :

  • Elastis
    Pemakaian rubber fender memiliki daya elastisitas tinggi sehingga tidak mudah robek atau rusak. Selain itu, bumper ini mudah ditekan maupun dikompres. Kemudahan tersebut sangat menguntungkan ketika diaplikasikan pada kapal maupun dermaga. Hal ini dikarenakan kondisi tersebut dapat meningkatkan kecepatan penyerapan shock atau benturan.
  • Daya Serap Energi Tinggi
    Kemampuan fender dapat menyerap energi kinetik tinggi yang berasal dari kapal. Biasanya, semakin tinggi energi yang diserap maka tingkat efisiensi dari rubber fender semakin tinggi pula.
  • Tahan Terhadap Perubahan Cuaca
    Rubber fender miliki ketahanan sangat baik terhadap perubahan cuaca. Tentunya, hal tersebut sangat menguntungkan pemakaiannya pada kapal dan dermaga agar tetap awet dan terjaga dalam jangka waktu lama.
  • Sesuai dengan Kebutuhan
    Terdapat banyak pilihan rubber fender berdasarkan spesifikasi, bentuk maupun kegunaan sesuai kebutuhan konsumen. Hal ini membantu Anda untuk menyesuaikan pengeluaran budget dengan kebutuhan dermaga maupun kapal pribadi Anda sekalipun.
  • Produksi Secara Fabrikasi
    Proses pembuatan rubber fender dilakukan secara fabrikasi sehingga bentuk dan kualitasnya seragam sesuai keinginan konsumen. Tentunya, kualitas fender terbaik dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan agar dermaga maupun dinding kapal tetap tahan dalam jangka waktu lama.
  • Kualitas Bahan Beragam
    Terdapat beragam pilihan bahan untuk membuat rubber fender diantaranya meliputi, Neoprene, SBR, EPDM, Butyl dan Polyurethane. Pemakaian bahan ini bisa didapatkan dari bahan karet sintetis dan karet alam.
  • Harga Ekonomis sesuai Kebutuhan
    Kualitas bahan yang bervariasi memungkinkan Anda untuk menentukan pilihan kualitas sesuai kebutuhan budget. Tetapi, harga tetap sebanding dengan kualitas rubber fender yang Anda inginkan. Semakin bagus kualitas bumper maka harganya cenderung tinggi.

Baca juga:

Jenis Jetty Dermaga

Tipe-Tipe dan Pilihan Jenis Rubber Fender

Anda dapat menentukan pilihan rubber fender sesuai kebutuhan di lapangan. Terdapat banyak variasi pilihan bumper dengan berbagai bentuk, diantaranya meliputi:

  • Super Cell Rubber Fender
    Fender ini mempunyi kelengkapan fitur gaya reaksi rendah, namun jumlah penyerapan energi relatif beraturan dan besar. pilihan karet fender ini juga memiliki masa ketahanan relatif lama dan lebih banyak dipakai untuk dermaga laut.
  • Cone Rubber Fender
    Kekuatan fender ini memiliki geser eksternal besar. Hal ini dianggap efisien bersesuaian dengan model agak kerucut. Cone rubber fender memiliki tingkat elastisitas tinggi. Hal tersebut menjadikan rubber fender ini banyak dipakai pada bidang konstruksi pada pelabuhan besar.
  • D Rubber Fender
    Jenis karet fender ini mempunyai kapabilitas daya serap energi tinggi terutama terhadap benturn. Tidak hanta itu, karet bumper ini mempunyai kekuatan dan ketahanan lama dan lebih sering diaplikasikan pada pelabuhan dermaga di berbagai tempat di Indonesia.
  • V Rubber Fender
    Jenis fender ini seringkali digunakan sebagai salah satu pengganti bumper di dermaga maupun kapal dengan beragam variasi ukuran dan ketahanan benturandan daya serap energi tinggi.

Itulah berbagai macam pilihan karet bumper sesuai dengan kebutuhan Anda. sebenarnya, masih banyak pilihan fender yang bisa Anda pilih seperti, fender square, pneumatic, silinder dan lainnya. Namun, sebelum Anda membeli pastikan kualitas rubber fender yang Anda butuhkan di lapangan.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.