Konstruksi

Mengenal Gantry Crane Fungsi Dan Jasa Pasang

Mengenal Gantry Crane Fungsi Dan Jasa Pasang

Gantry crane adalah sebuah alat konstruksi yang biasa digunakan untuk memuat, membongkar material yang memiliki beban berat cukup besar. Dengan alat ini dapat melakukan hal-hal di luar kapasitas manusia, dan kemudian sangat meningkatkan produktivitas serta menghemat biaya operasional dalam pekerjaan.

Jenis crane ini memiliki portal tinggi serta berkaki yang diguakan untuk mengangkat benda. Fungsi ini didukung dengan hoist yang dipasang pada sebuah troli hoist. Benda ini bisa bergerak secara horizontal pada rel.

Cara kerja gantry crane ini sendiri cukup unik karena memiliki ujung balok pendukung yang bertumpu pada kaki tebal beroda. Inilah yang akan berjalan pada rel di atas pondasi.

Karena cara kerja yang rumpit dan ada banyak sekali elemen di dalamnya, maka pemasangannya pun butuh tenaga khusus. Pemasangan yang benar akan membuat konstruksi berjalan lancar karena meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Salah satu jenis alat berat ini sering dijumpai di site cast atau lokasi pabrikasi yang sedang mengerjakan proyek-proyek konstruksi besar dan berkepanjangan contohnya dalam pengerjaan proyek jalan tol.

Contoh lainnya dalam penggunaan alat ini yaitu di pabrik-pabrik khusus seperti pabrik beton yang memproduksi box culvert, precast pagar panel beton, u ditch dan lain sebagainya.

Baca juga

Harga Box Culvert

Kelebihan Gantry Crane

Sebagai alat bangunan yang bisa dibeli maupun disewa, maka gantry crane ini memiliki kelebihan terendiri. Karena ituah, penggunaannya juga sudah sangat umum ditemui di banyak proyek konstruksi. Berikut ini adalah kelebihan dari gantry crane yang wajib Anda tahu :

  • Menawarkan efisiensi waktu
    Dengan pemakaian Jasa pasang gentry, maka gantry crane ini bisa bekerja dengan optimal. Dengan begitu, maka ada efisiensi waktu dalam penyelesaian proyek konstruksi.
    Pengerjaan akan jauh lebih cepat terutama dalam memindahkan material. Pemakaian tenaga kerja manusia juga bisa dikurangai. Yang dibutuhkan adalah operator untuk menjalankan alat berat ini. Dengan cara ini, maka tenggat pekerjaan bisa dikejar dengan lebih cepat lagi.
  • Kemampuan dalam mengangkat barang
    Seperti crane pada umumnya, jenis gantry crane ini mampu bekerja memindahkan barang. Bahkan barang yang diangkat bisa memiliki bobot hingga berton-ton. Jika dilakukan dengan tenaga kerja manusia tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Maka pemakaian jenis crane ini membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.
Jenis Gantry
sumber gambar: rhcheavymachinery.com

Kekurangan Gantry Crane

Dibalik kelebihan di atas, ternyata pemakaian gantry crane ini juga mengandung kekurangan tersendiri. Namun hal ini bisa dimaklumi mengingat adanya manfaat yang lebih besar. Sebagai gambaran, berikut ini adalah berbagai kekurangan yang dimiliki oleh gantry carne tersebut :

  • Membutuhkan area yang luas
    Hal ini dikarenakan gantry crane juga membutuhkan area untuk meletakkan rel. Jadi, area tersebut tidak dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya agar tetap aman beraktivitas di lokasi.
    Jika alat ini digunakan di gudang atau pabrik yang kurang luas maka akan merugi. Area yang luas dibutuhkan untuk pemanfaatan jenis crane yang satu ini.
  • Ada pengawasan safety yang lebih ketat
    Penggunaan  dan pemasangan crane yang kurang tepat bisa mengakibatkan kecelakaan. Karena hal itulah, maka dibutuhkan pengawasan safety yang ketat. Hal ini termasuk pula dalam area rel lintasan gantry crane yang ada di lantai. Jika ada orang yang beraktivitas di sekitar sana maka  akan berbahaya.
    Selain itu, alat ini juga butuh perawatan yang intensif. Belum lagi, Anda butuh tenaga Jasa pasang gentry yang profesional untuk memasangnya.

Jasa Pemasangan Gantry

Jasa pasang gentry adalah kebutuhan yang sangat penting dalam konstruksi. Hal ini khususnya ialah pada proyek besar untuk pembanguann infrastruktur atau pembangunan fisik. Karena merupakan alat yang tidak termasuk sederhana, maka perlu dipasang oleh ahlinya.

Jasa pasang gentry crane yang akan mempengaruhi kinerja hingga keamanan lokasi proyek untuk meminimalisir kecelakaan seoptimal mungkin serta mengenal kelebihan dan kekuranganya.

Hal di atas bisa mengurangi kemungkinan kecelakaan. Karena di Indonesia sendiri, kecelakaan selama konstruksi berlangsung telah terjadi beberapa kali. Maka dari itulah, pemasangan alat berat konstruksi perlu dilakukan oleh tenaga ahli dan khusus, termasuk pada pemasangan gantry crane.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *